Home Mens STNK Hilang? Tak Usah Panik! Ikuti Langkah-langkah Berikut ini!

STNK Hilang? Tak Usah Panik! Ikuti Langkah-langkah Berikut ini!

by Caswitin
stnk hilang

STNK hilang merupakan salah satu hal yang menyakitkan. Mengapa demikian? Sebab tanpa STNK, kendaraan anda dapat dicurigai. Selain itu, apabila anda tetap menggunakan kendaraan tersebut, anda dapat ditilang polisi. Hal ini akan menyebabkan anda merasa takut di jalanan. Tidak nyaman, bukan?

Penting untuk diketahui, anda tidak perlu repot-repot menggunakan jasa calo STNK, sebab selain lebih mahal, mengurus sendiri juga sangat mudah. Anda juga akan lebih hemat biaya. Berikut ini akan dibahas cara mengurus STNK hilang. Yuk, disimak!

1. Syarat-syarat yang harus dipersiapkan untuk mengurus STNK Hilang

Siapkan surat keterangan STNK hilang yang dapat anda urus di kantor kepolisian terdekat.
Anda dapat mengunjungi kantor kepolisian terdekat kemudian menjelaskan kronologi singkat STNK hilang. Proses ini hanya memakan waktu 10-20 menit saja. Selain itu anda juga tidak diharuskan membayar biaya apapun. Mudah bukan?
a. KTP asli dan fotokopi pemilik kendaraan
b. Fotokopi STNK yang hilang (jika ada)
c. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)

stnk hilang

stnk hilang

2. Langkah-langkah mengurus STNK Hilang

Setelah mempersiapkan persyaratan, anda dapat mengunjungi kantor SAMSAT dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Jika anda tidak memiliki fotokopi STNK, cukup bawa fotokopi BPKB atau surat pengantar dari dealer. Kasus ini dapat terjadi semisal STNK hilang kemudian status kendaraan masih kredit, maka anda hanya perlu membawa fotokopi BPKB dan surat pengantar dari dealer tempat anda membeli kendaraan. Lalu, bagaimana jika STNK hilang BPKB belum keluar? Sama halnya dengan cara diatas, anda hanya perlu meminta surat pengantar dari dealer sebagai bukti bahwa kendaraan anda dibeli dengan resmi.
b. Fotokopi BPKB yang sudah dilegalisir. Bawa fotokopi dan KTP anda ke bagian pengesahan yang ada di kantor polisi terdekat untuk dilegalisir.
c. Cek fisik kendaraan di kantor SAMSAT. Pengecekan kendaraan bertujuan guna menentukan karakteristik kendaraan anda seperti warna, nomor kendaraan, nomor mesin, serta nomor rangka. Bawa kendaraan anda ke kantor SAMSAT terdekat kemudian datang ke loket cek fisik untuk mendapatkan blangko. Kemudian ikuti prosesnya. Anda tidak perlu membayar biaya selain biaya fotokopi dokumen.
d. Mengisi formulir pendaftaran di Loket STNK. Datangi loket STNK kemudian minta formulir dan isi dengan lengkap kemudian berikan kepada petugas beserta kelengkapan persyaratannya.
e. Pastikan bahwa kendaraan anda tidak diblokir. Bagaimana cara mengeceknya? Anda dapat membawa hasil cek fisik kemudian melakukan cek blokir guna memastikan bahwa kendaraan anda bukanlah kendaraan curian.
f. STNK baru siap dibuat. Anda dapat mengunjungi loket Bea Balik Nama II. Serahkan semua dokumen kepada petugas. Dan tunggu sampai STNK anda berhasil dibuat. Biasanya proses ini memakan waktu lebih dari satu hari. Petugas akan memberi tahu kapan STNK anda selesai.
g. Besaran biaya mengurus STNK hilang. Mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010 mengenai PNPB, besaran biaya mengurus STNK hilang adalah: Rp. 50.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 75.000 untuk kendaraan roda empat.

Baca Juga:  Review Spesfikasi dan Harga Yamaha Neo’s 4 Terbaru 2018

Inilah Syarat, Prosedur, dan Biaya Mengurus STNK Hilang | Indozone.id

3. Mengurus STNK Hilang Atas Nama Orang Lain

Bagaimana jika ternyata STNK yang hilang tersebut atas nama orang lain? Tidak perlu cemas. Anda tetap dapat mengurusnya. Berikut ini cara mengurus STNK hilang atas nama orang lain:
Adapun persyaratan yang anda butuhkan adalah sebagai berikut:
a. Laporan Polisi
b. Iklan Koran
c. Siaran Radio
d. Cek fisik kendaran dan formulir
e. BPKB asli
f. Identitas diri asli
g. Surat Pernyataan Materai 6000

Sementara untuk langkah-langkahnya, sama dengan langkah mengurus STNK hilang biasa. Anda perlu menunggu sekitar 7-10 hari untuk mendapatkan STNK yang baru.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More