Sparepart Motor Knalpot, Fungsi Dan Komponennya

Knalpot merupakan bagian sparepart motor yang fungsinya sebagai saluran pembuangan dari sisa hasil pembakaran pada mesin kendaraan bermotor. Itu sebabnya mengapa knalpot disimpan di bagian belakang, karena isinya sisa pembakaran.

Penggunaan knalpot tidak hanya pada kendaraan saja, tapi digunakan juga untuk mesin industri yang diberi nama cerobong. Knalpot pada kendaraan bermotor memiliki beberapa bagian, namun sebelumnya kita akan membahas terlebih dulu fungsi knalpot pada kendaraan bermotor berikut ini.

Fungsi Knalpot

  • Sebagai peredam suara ledakan yang dihasilkan di ruang bakar

Ruang bakar pada kendaraan akan menimbulkan ledakan yang besar saat terjadi proses pembakaran. Ledakan akan lebih besar jika kapasitas silindernya besar. Oleh karena itu dengan adanya spartpart motor ini sangat membantu meredam suara ledakan menjadi lebih kecil dan enak didengar.

  • Meningkatkan tenaga kendaraan

Fungsi knalpot ini tidak mutlak, artinya tidak semua knalpot bisa mengingkatkan tenaga. Hal ini tergantung pada desain dan bahan knalpot, serta perhitungan matang terhadap spesifikasi mesin.

  • Sebagai aksesoris pemanis dan ornament kendaraan

Fungsi lainnya, knalpot seringkali dijadikan pemanis kendaraan agar terlihat lebih unik. Karena beberapa desain knalpot dibuat unik. Biasanya penggunaan knalpot untuk tujuan penampilan digunakan pada kendaraan yang mengikuti kontes.

Baca Juga: Cara Membuat Knalpot Motor Tidak Bebunyi Bising

  • Mengurangi polusi udara

Penggunaan teknologi terbaru knalpot adalah penggunaan catality converter (CC). Fungsi CC adalah untuk membantu mengkonversi karbon keluar melalui gas pembuangan pada kendaraan. Dengan demikain membantu efisiensi kendaraan bermotor dan mengurangi polusi udara.

Komponen-Komponen Knalpot

  • Header

Header adalah bagian ujung knalpot yang dipasang di mesin. Jumlah herder tergantung banyaknya jumlah silinder pada kendaraan. Fungsi utama header adalah menghubungkan keseluruhan sistem knalpot dengan sistem buang yang dimiliki kendaraan bermotor. sistem ex atau gas buang adalah sisa dari hasil pebakaran yang terjadi di ruang bakar kendaraan.

  • Resonator

Komponen kedua dari knalpot adalah resonator atau dikenal dengan nama saringan knalpot. Fungsinya adalah untuk mengolah suara bising yang dihasilkan dari hasil pembakaran mesin.

  • Silencer

Komponen yang ketiga adalah silencer, fungsinya hampir mirip dengan resonator yaitu untuk meminimalisir suara bising yang dihasilkan akibat pembakaran. Silencer biasanya diletakkan di ujung knalpot. Pada motor biasanya silencer berisi saringan yang fungsinya sebagai resonator. Sedangkan pada mobil biasanya terdapat di bagian bawah (kolong mobil) terpisah dengan silencer.

Sekarang banyak pengguna kendaraan bermotor memilih knalpot racing. Kelebihan knalpot ini adalah lebih efisien dari segi biaya dan bentuknya juga unik. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan knalpot ini bisa menimbulkan polusi suara dan gas buang yang lebih banyak mengeluarkan polusi udara.

Demikian pembahasan mengenai spartpart motor, knalpot. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *