Spare Part yang Harus Sering Diganti

Mempunyai kendaraan bermotor memang kadang membingungkan. Dipakai terus otomatis kemungkinan ada bagian yang kurang berfungsi maksimal atau rusak peluangnya sangat besar. Tidak dipakai pun ternyata bukan menjadi baik. Bukannya awet malah jadi rusak malah. Karena memang mesin harus sering dipanasin. Jadi mendingan dipakai. Tapi mesti dengan perawatan yang baik tentunya. Tapi meskipun  begitu, ada spare parts kerusakannya tidak bisa anda hindari. Berikut adalah spare part yang harus sering diganti.

Busi

Pernah kesel gara – gara spare parts yang satu ini bermasalah? Pasti rata – rata menjawab iya.  Busi memang sangat renta rusak atau menurun fungsinya. Banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Bahkan bahan bakar yang kurang baik pun mempengaruhinya. Bila busi bermasalah memang motor tidak enak dipakai dan biasanya susah dihidupkan. Untuk pertolongan pertama biasanya sih dicopot terus dibersihkan. Tapia da baiknya bila susah dibersihkan atau sedikit – sedikit harus dbersihkan, busi diganti saja.

Kampas rem

Spare parts ini jelas akan sering diganti karena cepat rusak atau habis. Pada kampas rem ada bagian yang memang sifatnya lama – lama habis akibat pemakaian rem. Usia nya memang relatif singkat. Pemasangan dan penggunaan rem yang tidak baik mempersingkat umur kampas rem.

baca juga : Mengenal  Mesin Motor

Bohlam

Nah ini juga suku cadang yang harus sering diganti akibat rusak. Ini yang berpengaruh masalah kelistrikan motor anda. Ada baiknya ada mengecek sistem kelistrikan motor anda. Karena kalau memang masalahnya di situ, meskipun diganti dengan bohlam yang berkualitas baik seperti LED  sekalipun tetap cepat rusak. Ya, walaupun memang sudah  karakternya bohlam itu usianya relatif pendek.

Aki

Spare parts  yang satu ini  cepet rusak akibat kelebihan beban listrik. Bisa juga karena jarang dicek ketinggian airnya. Sehingga aki makin menurun kemampuannya. Sampai akhirnya ngedrop dan rusak. Sebenernya kalo kondisi belum parah bisi diisi ulang airnya dan dicas lagi akinya. Tapi kadang itupun kemungkinannya 50 : 50. Bila memang sudah dicoba dicas, kemudian jalan lagi tapi tak lama ngedrop lagi, ada baiknya diganti saja. Setelah itu cobalah lakukan perawatan dengan baik.

 

Oli mesin

Nah spare parts ini yang paling sering harus diganti atau diisi ulang. Oli mempunyai umur paling singkat dibanding suku cadang yang lainnya.  Untuk amannya maksimal 2 bulan sekali harus diganti. Jika sampai kehabisan oli mesin dampaknya akan sangat parah. Mesin motor anda akan ambrol, rusak. Sampai harus turun mesin biasanya. Dan meskipun sudah diperbaiki sampai turun mesin, pada banyak sekali kasus, mesin motor tidak bisa normal sebelumnya.  Maka,sering – seringlah mengecek keadaan oli dan rutinlah menggantinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *