Simak 4 Tips Ini Supaya Tidak Salah dalam Membeli Lampu LED di Toko

Menjadikan rumah lebih nyaman tentu butuh banyak hal, dan salah satunya kebutuhan akan pencahayaan yang berasal dari bohlam di dalam maupun luar ruangan. Bohlam ini memang sudah dikenal sejak lama dan semakin kesini jenisnya semakin beragam, salah satunya lampu LED. Dewasa ini semakin banyak orang memilih lampu jenis LED untuk kebutuhan pencahayaan di rumah sebab memberi solusi pencahayaan maksimal akan tetapi tetap hemat energi. Pasalnya teknologi LED dikenal mengkonsumsi listrik dalam jumlah yang rendah dibanding lampu pijar.

Tips Memilih Lampu Jenis LED yang Tepat

Untuk memaksimalkan kenyamanan selama memakai lampu dengan teknologi LED tersebut maka pilih secara tepat dan terbaik. Beberapa tips ini tentu akan sangat membantu:

  • Menentukan warna cahaya yang baik,

Meski sama-sama memakai sistem LED ternyata lampu jenis ini di pasaran menghasilkan beberapa pilihan warna. Tidak semuanya putih susu melainkan ada pula yang menghasilkan cahaya berwarna kekuningan. Biasanya ditunjukkan dengan satuan Kelvin (K), kalau ingin cahaya kekuningan di ruangan bisa memilih lampu 2700K dan kalau ingin putih bersih bisa memilih antara 4000-5000K.

  • Bijak dalam menentukan watt pada lampu,

Watt pada lampu memberikan informasi seberapa besar energi listrik yang dikonsumsi lampu tersebut per menitnya. Semakin kecil wattnya maka semakin hemat konsumsi listriknya, namun bisa jadi akan berpengaruh pada ukuran. Meski bukan jaminan lampu besar memiliki watt besar juga, bahkan bisa dijumpai sebaliknya maka perlu jeli memperhatikan nilai watt-nya. Usahakan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi, sekiranya butuh lampu lumayan banyak tentu lampu LED watt kecil menjadi pilihan paling ideal.

  • Menentukan bentuk dan ukuran dengan cermat,

Lampu jenis LED ini ternyata juga menghasilkan arah cahaya yang berbeda-beda, ada yang terlihat seperti cahaya lilin, berbentuk huruf A, ataupun seperti reflektor. Masing-masing cocok dipilih asalkan sesuai dengan kebutuhan suatu ruang dilihat dari fungsi ruang tersebut. Misalnya ingin menciptakan kesan dekoratif dengan lampu yang cantik dan unik maka LED jenis chandelier cocok dipilih karena menghasilkan cahaya mirip sebatang lilin. Sementara untuk kebutuhan cahaya yang terarah misal lampu belajar gunakan LED yang cahayanya berbentuk A

  • Memilih jenis LED yang sesuai kebutuhan,

Pada dasarnya lampu dengan teknologi LED ini terbagi ke dalam dua jenis, yang pertama adalah LED opal dan kedua adalah LED bohlam bening. Bohlam bening akan sangat cocok untuk menciptakan pencahayaan yang membentuk bayangan di dinding. Lampu jenis ini biasanya digunakan untuk lampu hias di dalam ruangan, dinyalakan ketika penghuni rumah sudah pergi beristirahat. Sementara untuk lampu LED opal lebih cocok untuk kebutuhan pencahayaan yang tersebar, tentunya ideal ditempatkan pada lampu utama di ruang tamu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *