Serba – serbi Lampu Motor

Seperti halnya lampu rumah, lampu motor juga berfungsi sebagai alat penerangan. Baik bagi anda sendiri maupun bagi pengendara lainnya. Tidak sesederhana bentuknya, lampu ini mempunyai banyak hal yang sangat baik untuk anda ketahui. Berikut serba –serbi lampu motor.
Jenis – jenis lampu motor
Lampu pijar biasa
Lampu jenis ini adalah lampu yang paling banyak digunakan oleh motor –motor keluaran lama. Dari segi harga memang sangat ramah dikantong. Tapi kelemahannya adalah cahaya yang dikeluarkan oleh lampu pijar ini kurang terang. Itulah kenapa motor – motor keluaran baru tidak mempergunakan jenis lampu ini.
Halogen
Lampu jenis ini lebih terang dan tahan lama dibanding lampu pijar. Halogen bisa bertahan sampai 500 jam dengan daya 55 watt menghasilkan 700 – 2100 lumen.
Xenon
Lampu ini sering disebut juga lampu HID. Xenon mampu bertahan selama 3000 jam denga daya 35 watt mampu menghasilkan 2800 – 3000 lumen.
LED
Ini jenis lampu yang diaplikasikan pada motor – motor keluaran baru. LED mampu menghasilkan cahaya yang terang dengan daya yang rendah. Kelebihan lainnya adalah tidak menghasilkan panas berlebihan, tahan lama dan tahan goncangan. Dari segi harga pun relatif terjangkau. LED mampu bertahan 10.000 – 50.000 jam dengan daya 18 watt. Tidak salah LED banyak disukai oleh para pengguna sepeda motor.

Penyebab lampu motor redup
Soket lampu karatan
Soket lampu biasanya terbuat dari plat. Bila plat ini berkarat maka karat itu penjadi penghambat aliran listrik. Hal ini menyebabkan aliran listrik ke lampu tidak lancer atau minimal kurang dari yang seharusnya. Inilah yang menyebabkan lampu redup.
Soket lampu kendor
Soket itu ibarat pintu bagi aliran listrik. Bila kendor maka aliran listrik tidak tidak fokus pada jalu. Seperti air yang meluber. Hal ini mengakibatkan pasokan listrik ke lampu tidak sesuai standar yang ditentukan. Itulah yang menyebabkan lampu redup.
Kiprok lemah
Kiprok dan spull berfungsi untuk mengisi daya aki motor. Selain itu kiprok dan spull juga bertugas untuk menunjang kelistirkan pada saat motor dalam keadaan hidup. Di sisi lain aki sebagai sumber penyimpan energi listrik,fungsinya digantikan oleh kiprok ketika motor dalam keadaan hidup. Akibatnya bila kiprok dan spull lemah maka pasokan listrik ke lampu pun berkurang.

Aki motor lemah
Aki berfungsi sebagai penyimpan energi listrik. Inilah sumber listrik saat anda menghidupkan motor. Bila aki motor lemah, maka sistem kelistrikan yang diaktifkan tidak berfungsi secara maksimal.
Kabel yang meleleh
Kabel yang meleleh akan menjadi hambatan aliran listrik. Tentu saja pasokan listrik ke lampu berkurang. Itulah kenapa lampu motor redup.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *