Seluk-beluk Lampu HID Motor

seluk beluk lampu hid motor

Lampu HID motor atau yang sering dikenal dengan High Intensity Discharge atau yang lebih di kenal dengan lampu xenon, ia akan menghasilkan cahaya dengan busur listrik. 2 elektroda tungsten akan di simpan pada leburan kuarsa atau pun alumina tabung yang tembus atau transparan. Tabung ini sering di isi dengan gas seperti gas xenon, garam logam serta tegangan yang begitu tinggi. busur menguap dan memanaskan logam yang mempunyai bentuk plasma.

Busur ini akan menghasilkan cahaya dan intensitasnya akan meningkat oleh adanya plasma yang bisa menurunkan konsumsi daya. Cahaya yang dihasilkan akan jauh lebih intens bila Anda bandingkan dengan neon atau pun halogen. Di setiap lampu HID ini akan membutuhkan perangkat yang sering dikenal sebagai ballast. Ballast merupakan resistor atau pun kapasitor yang dimasukkan ke dalam rangkaian sebagai pengatur regangan yang di pasok ke dalam kapsul gas lampu.

Model lampu HID motor yang ada seperti H1, H3, H4, HB3, HB4, H8, H11. Perbedaan antara satu dengan yang lainnya berada di bohlam lampu yang mereka miliki. Seringnya model yang begitu populer di tanah Indonesia ialah model seperti H4. Hal ini dikarenakan lampu jauh serta lampu dekat mempunyai bentuk yang lebih menyatu. Di sini, semakin besar derajat kelvin untuk sebuah lampu HID, akan semakin terang bahkan semakin silau juga. Hal ini dapat membahayakan keselamatan dari para pengendara yang lainnya. Sebagai tips, akan lebih baik bila Anda memilih lampu yang derajatnya masih dapat di toleransi.

Pengetesan lampu HID mempunyai tujuan mengetahui besarnya efisiensi daya untuk pemakaian. Daya terang serta suhu yang berasal dari reflektor besutan. Untuk mengetahui produk mana saja yang mempunyai warna yang cenderung terang, hal ini dengan perhitungan serta menghasilkan nilai faktor X dan efisiensi. Semakin besar tinggi dari nilai faktor X ini, akan semakin lebih terang juga sinar yang dikeluarkan oleh bagian tersebut. Sebagai alat penguji biasanya menggunakan LM bermerk TenMars 202. Alat ini digunakan untuk mengukur tingkat terang lampu yang dihasilkan oleh sinar HID ini.

Sebenarnya harga dari lampu HID motor ini mulai dari 200 ribuan hingga 800 ribuan. Berikut berbagai macam kelebihan dari lampu HID, antara lain:

  • Penyinaran lampu akan jauh lebih terang jika dibandingkan dengan lampu standar bawaan dari kendaraan,
  • Lampu xenon di bohlam akan tidak mudah putus, hal ini dikarenakan terdapat sistem tahanan di rangkaiannya,
  • Konsumsi daya akan jauh lebih hemat, bila Anda bandingkan dengan lampu sebesar 100 watt, ia akan memberi kesamaan efek cahaya oleh lampu HID atau xenon yang mempunyai daya yang hanya sebesar 35 watt saja.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *