Home Perawatan Motor Sejarah Panjang Motor Honda CBR, Sudah Pernah Mendengarnya?

Sejarah Panjang Motor Honda CBR, Sudah Pernah Mendengarnya?

by Rhonda Olson

Wah, kamukah itu yang hari libur begini masih saja sibuk googling mencari tahu perihal harga Honda CBR 250? Well, jika penasaran, kamu bisa klik tautan berikut untuk mengetahui harga sekaligus spesifikasinya: https://review.bukalapak.com/auto/harga-honda-cbr-250rr-2018-lebih-murah-ini-bedanya-40867. Tak bisa dimungkiri, motor Honda CBR250 memang super keren dan punya pesona yang tak tertandingi. Namun, sudah tahukah kamu soal sejarah panjang Honda CBR hingga CBR250? Tentu, kehadirannya sebagai motor legenda di Indonesia bukan tanpa perjalanan. Buat kamu yang penasaran, yuk simak ulasan berikut ini.

Tahun 1983, Kemunculan Honda CBR
Seri CBR mulai diproduksi pata tahun 1983. Seperti dilansir dari laman Liputan6, saat itu Honda mengeluarkan motor sport andalannya yang dinamai CCBR400F3. Namun, motor yang hanya diluncurkan di pasar Jepang tersebut tak terlalu populer di kalangan masyarakat. Tiga tahun setelahnya, diluncurkan CBR250 yang ternyata juga harus kalah saing dengan motor buatan Honda lainnya, yakni NSR250.

Tahun 1987, CBR Mulai Masuk Jajaran Motor Elite
Meski sempat kalah saing, Honda kembali meluncurkan seri CBR berikutnya, yakni CBR600F, pada tahun 1987. Saat itulah, Honda CBR mulai masuk ke dalam jajaran motor elite. Tak heran, saat itu, CBR600F memang menang mutlak dalam ajang balap American Motorcylist Association (AMA) Superport Championship 600. Selain itu, motor ini juga mulai dijual di pasar global.

Tahun 2002, CBR Mulai Memasuki Pasar Asia Tenggara
Pada tahun 2002, diluncurkan CBR150 R, motor sport dengan mesin berkapasitas 150 cc serta mengusung sistem 4 tak. Dirancang sebagai penerus NSR150 2 tak, motor ini diterjunkan di pasar Asia Tenggara, mulai dari Thailand, India, bahkan Afrika Selatan.

Tahun 2010, Honda Merilis CBR150 PGM FI
Tepatnya pada bulan Oktober 2010, Honda kembali merilis versi baru dari motor CBR 150R, yakni CBR150R PGM FI. Selain hadir dengan tampilan yang lebih sporty, motor ini juga telah dilengkapi dengan sistem fuel injection sehingga menjadi lebih ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Motor ini juga mulai masuk ke pasar otomotif Indonesia. Saat itu, motor yang masuk merupakan impor dari pabrikan Honda di Thailand.

Baca Juga:  Ban Motor yang Terawat Dapat Mengurangi Resiko untuk Tergelincir

Tahun 2011, CBR250R Menyusul Keluar
Honda memulai tahun 2011 dengan meluncurkan seri baru dari CBR, yakni CBR250R. Motor keluaran Honda tersebut didukung dengan teknologi yang mampu menghasilkan kelincahan, kekuatan akselerasi, serta kemudahan pengendalian. Sistem PGM-FI atau injeksi yang diterapkan juga menjadikan motor ini lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Disempurnakan dengan teknologi Combined-ABS, motor ini makin digemari di pasaran.

Tahun 2014, All New CBR250R Dirilis dan Menjadi Motor Papan Atas
Pada bulan Mei 2014, Honda kembali meluncurkan seri terbaru dari CBR. Kali ini, Honda merilis All New CBR250R yang dibekali dengan mesin berkapasitas 250 cc. Selain tampil dengan desain baru yang lebih garang, motor ini juga turut disempurnakan dengan mesin yang mampu memuntahkan tenaga makin besar. Desain serta performa dari motor ini menjadikannya sebagai salah satu motor kelas atas.

Selanjutnya, masih pada tahun yang sama, tepatnya pada bulan September, Astra Honda merilis All New CBR150R dengan desain baru yang mengacu pada New CBR250R. Motor ini hadir dengan tampilan yang lebih  fresh dan dinamis. Motor ini selanjutnya juga dikembangkan menjadi All New CBR150R Own The Ride yang hadir dengan desain agresif serta berorientasi pada kecepatan. Diperkaya dengan fitur racing, motor ini mampu menghadirkan sensasi balap.

Tahun 2016, All New Honda CBR250RR
Motor ini menghadirkan tampilan amat menarik dan fungsional. Dibekali dengan mesin generasi terbaru, motor ini siap menjadi primadona di kalangan pecinta motor sport. Kamukah salah satu penggemar motor ini?

Sumber gambar: Hondaprokevin.com

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More