Home Tips dan Trik Sejarah Motor Matic di Indonesia

Sejarah Motor Matic di Indonesia

by Rhonda Olson
Sejarah Motor Matic di Indonesia

Motor Matic di Indonesia sudah jadi booming dan menjamur, berdasarkan dari data asosiasi industri sepeda motor indonesia (AISI) motor matic mendominasi pasar sebesar 80%. Sepeda motor matic mulai booming di Indonesia pada tahun 2003 setelah kemunculan yamaha mio generasi pertama. Awalnya yang meluncurkan varian produk skutik pertama di Indonesia adalah pabrik asal Italia dengan Vespa Corsa 125 pada tahun 1984 yang di impor langsung oleh Dan Motor Jakarta.

Sejarah Motor Matic di Indonesia

Kemudian pabrik Kymco menyusul dengan varian Jetmatic Trend 125. Pada awal tahun 2000, Yamaha baru memulai riset motor matic dengan mengeluarkan motor matic CBU, yaitu Yamaha Majesty 125dan Yamaha Glide 100. Pada tahun 2002, Yamaha meluncurkan produk baru dan pada tahun 2003 dengan varian Yamaha Mio generasi pertama. Selama 4 tahunan Yamaha  merajai penjualan skutik. Tepatnya pada tahun 2006 pabrik honda meluncurkan varian pertamanya, yaitu Honda Vario 110, pada tahun 2008 mengeluarkan Honda Beat.

Sedangkan pada tahun 2006 juga, Suzuki juga mengeluarkan varian skutik pertamanya yaitu Suzuki Spin 125. Selain pabrikan asal Jepang, beberapa pabrikan juga merilis varian skutik, seperti TVS, Kymco, SYM, Piaggio/Vespa, Peugeot Scooter, Viar, APP KTM, Tossa, dan lainnya. Hingga akhirnya, beberapa tahun terakhir ini pabrikan motor latah memproduksi skutik hingga mengalahkan varian motor bebek yang dulu sempat merajai penjualan dan juga meramaikan jalanan. Mulai dari Honda dengan varian Beat, Scoopy, Vario 110, Vario 125, Vario 150 hingga Pcx 150. Suzuki dengan varian Spin, Nex, Skywave, Skydrive, Hayate, Address hingga Burgman. Serta tak ketinggalan Yamaha yang banyak mengeluarkan varian baru. Agar tidak gagal fokus, berikut adalah sejarah motor matic di Indonesia :

  1. Tahun 1984 – Vespa Corsa 125;
  2. Tahun 2000 – Kymco Jetmatic 125;
  3. Tahun 2002 – Yamaha Nouvo 115;
  4. Tahun 2003 – Yamaha Mio 115;
  5. Tahun 2006 – Honda Vario 110;
  6. Tahun 2006 – Suzuki Spin 125;

Motor Matic saat ini sangat di gemari semua kalangan orang, meskipun begitu sejarah motor matic di golongkan baru di bandingkan dengan motor bebek. Dengan pengoperasian yang mudah di tambah dengan marketing yang jitu, membuat motor skutik secara bertahap menjadi idaman di Tanah Air. Meskipun begitu motor matic memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Berikut tentang kelemahan dan kelebihan motor matic :

  • Kelebihan

Kelebihan motor matic di bandingkan dengan motor lain yaitu pengoperasiannya yang mudah. Selain itu ruang penyimpanan yang lebih banyak terutama di bawah jok membuat motor ini sangt di gemari, bisa juga untuk menyimpn helm. Dan tentunya motor matic di anggap lebih stylish.

  • Kelemahan

Kelemahan motor matic adalah rata – rata jenis motor ini lebih boros bahan bakar. Karena diameternya roda yang kecil mengakibatkan mudah goyang.

Motor Matic memang memiliki kelebihan dan kekurangan seperti penjelasan di atas, namun begitu tidak pernah menyurutkan para peminat motor matic. Terutama bagi perusahaan semakin mengembangkan dan menginovasi dari kelemahan – kelemahan, mereka juga bersaing dalam peluncuran produk – produk baru.

Baca Juga:  Tips dan Panduan Sederhana Dalam Perawatan Motor Bekas

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More