Rawat Spare Part Motor yang Rawan Rusak

Rawat Spare Part Motor yang Rawan Rusak

Terdapat beberapa spare part atau komponen dalam sebuah kendaraan biasanya memang cukup rawan dengan kerusakan. Karena memang terdapat beberapa spare part pada motor memerlukan perawatan secara berkala. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki motor dan ingin motornya awet tentunya harus rajin-rajin melakukan perawatan ya.

Rawat Spare Part Motor yang Rawan Rusak

Nah, ketika salah satu spare part pada motor ada yang mengalami kerusakan, tentunya performa motor pun akan menurun bahkan bisa mogok tak mau hidup. Lalu apa saja nih spare part yang rawan akan kerusakan? Simak deh berikut ini:

Busi

Nah, salah satu komponen yang paling sering mengalami kerusakan yaitu busi. Meskipun bentuknya kecil dan sering disepelekan, namun jika terjadi kerusakan pada busi, maka akan berakibat fatal. Jika busi rusak, maka motor Anda pun terancam tidak akan hidup. Adapun penyebab rusaknya busi selain karena masalah usia, busi rusak biasanya karena terkena cairan. Cairan yang dimaksud disini bisa berupa air yang terkadang nyelip ke dalam rongga busi, selain itu bisa juga akibat dari oli mesin yang naik ke ruang pembakaran yang menyebabkan busi menjadi basah dan tidak bisa memercikkan api.

Kampas rem

Kalau part yang satu ini memang sudah tak dapat dicurigai lagi nih, pasti sudah rawan akan kerusakan. Panjang atau tidaknya usia dari kampas rem ini juga disebabkan oleh banyak hal seperti setelan rem yang terlalu kencang, posisi velg atau disk cakram yang tidak rata atau juga bisa karena terlalu sering menggunakan rem.

Bohlam

Bohlam juga merupakan salah satu part yang rawan kerusakan. Dimana komponen kecil pengahasil cahaya ini bisa putus karena faktor usia atau tekanan listrik yang tidak normal.

Baca Juga : TIPS MODIF MOTOR TETAP AMAN DARI PELANGGARAN LALU LINTAS

Aki

Istilah aki tekor mungkin sudah sering sekali kita dengar. Iya memang kerusakan pada aki tidak sesering kerusakan pada ketiga part diatas. Namun jika aki tiba-tiba rusak, maka juga akan berakibat fatal. Karena aki juga memiliki peran yang cukup besar untun kelangsungan performa motor Anda. Aki akan cepet rusak biasanya karena motor kelebihan beban listrik, atau aki jenis basah yang lupa tidak diisi airnya.

Gearset dan rantai

Part yang satu ini memang terkadang tidak dapat ditebak. Terakadang part yang satu ini cukup awet, dan terkadang juga cepat sekali rusak. Kerusakan pada rantai dan girset biasanya karena pengaturan yang terlalu kencang atau terlalu kendor. Selain itu beban kerja motor yang terlalu berat juga akan berpengaruh pada usia rantai dan girset. Nah untuk itu, Anda harus lebih sering-sering mengecek spare part yang cukup rawan kerusakan ini. Dengan demikian maka Anda akan segera bisa mendiaknosa jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *