Rahasia Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet

Trend masa kini dalam dunia otomotif yaitu motor matic yang mana perusahaan kendaraan bermotor telah meluncurkan inovasi baru mengenai motor tersebut jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan motor bebek. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa pada kendaraan matic jauh memiliki banyak peminatnya jika dibandingkan dengan motor bebek. Karena penggunaan kendaraan matic yang jauh lebih mudah serta jauh lebih trendi jika dibandingkan dengan motor bebek.

Dari tahun ke tahun kendaraan matic selalu mengalami peningkatan yang luar biasa, bahkan kendaraan matic pun juga terdiri dari berbagai macam jenis serta merk yang berbeda. Namun dibalik banyaknya peminat kendaraan matic jika dibandingkan dengan motor bebek, ternyata kendaraan matic memiliki perawatan yang khusus, yang wajib untuk diketahui oleh para pengguna atau pemilik kendaraan matic, hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan pada kendaraan Anda serta merawat kendaraan Anda agar tetap awet sepanjang masa.

Simak tips tata cara melakukan perawatan untuk motor matic Anda agar tetap awet dan nyaman untuk Anda kendarai, yaitu seperti berikut ini:

  • Memanasi kendaraan sebelum dikendarai.

Hal ini harus dilakukan agar oli yang ada di dalam mesin mampu melumasi mesin, dengan begitu maka mesin kendaraan jauh lebih maksimal.

  • Stabilkan kecepatan gas.

Artinya, ketika motor dalam keadaan kecepatan yang tinggi, jangan secara tiba-tiba Anda menurunkan kecepatan, begitupun juga dengan sebaliknya, hal ini untuk menghindari kerusakan pada mesin dan juga fan belt atau sering disebut sebagai streng.

  • Hindari kehabisan bensin.

Kehabisan bahan bakar akan memicu kerusakan pada mesin.

  • Ganti oli secara rutin.

Apabila Anda tidak sempat untuk menghitung speedometer, maka dapat melakukan pergantian oli setiap 2-3 bulan sekali.

  • Perhatikan aki.

Aki merupakan peran utama dan penting bagi kendaraan matic, perhatikan pada aki, Anda dapat melakukan pergantian 7-8 bulan setelah pergantian aki yang terakhir.

Sebenarnya masih ada banyak lagi perawatan kendaraan matic Anda yang mana hampir secara keseluruhan membutuhkan perawatan khusus, misalnya pada rem, ban dan cet kendaraan dan yang lainnya yang dapat membantu Anda dalam hal memperhatikan kendaraan matic Anda agar tetap terlihat awet dan selalu tampak baru, meskipun kendaraan tersebut sudah lama Anda memiliki.

Tidak hanya perawatan motor tetapi ada juga beberapa pilihan part-part untuk mendukung si motor agar tetap prima. Baca di sini autolapak.com

Memiliki kendaraan bebek adapun motor matic segala sesuatunya tidak akan terlepas dari yang namanya perawatan. Sehingga Anda sebagai pemakai kendaraan pun haruslah memperhatikan keamanan, kenyamanan serta kelayakan pemakaian hal ini untuk menjaga mesin kendaraan Anda gara tetap dalam keadaan bagus, serta Anda pun juga akan merasa nyaman dan aman dengan mengendarai motor yang telah Anda rawat secara berkala tersebut.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *