Poin Penting Mempersiapkan & Membuat Motor Custom

Dunia otomotif semakin mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat signifikan, selain banyak vendor motor yang saling berlomba-lomba mengeluarkan produk andalannya, kini hadir motor costum dengan kreatifitas yang tinggi.

Sekarang banyak aliran modifikasi motor, seperti: scrambler, bratstyl, tracker,café racer, jap style, bobber, jap style, dan motor chooper. Setiap aliran modifikasi tersebut memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Misalnya pada model café rancer, aliran ini dibagi menjadi dua jenis: yang Pertama adalah café racer klasik yang menggunakan motor dan part klasik sebagai bahan modifikasi. Sedangkan yang Kedua adalah neo café race yang menggunakan motor dan part motor modern.

Mungkin diantara pembaca pernah melihat motor-motor modifikasi tersebut dijalanan dan bertanya-tanya kira-kira berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat motor custom? Apa saja yang harus disiapkan atau langkah-langkah apa yang harus dilakukan jika ingin memodifikasi motor?

Mengcostom sepeda motor biayanya tergantung kreasi yang akan diaplikasikan. Jadi agak sulit memberikan standar biaya untuk memodifikasi sebuah motor. Sedangkan poin penting yang harus diperhatikan untuk mengcustom motor, apapun alirannya adalah sebagai berikut:

Bahan Modifikasi Motor

Bahan yang dimaksud adalah sepeda motor yang akan digunakan sebagai media/bahan dasar modifikasi. Jenis motornya tidak harus motor Yamaha XS650 atau Harley Davidson. Anda bisa menggunakan motor seperti: tiger, Honda seri CB dan GL, Mega Pro atau Yamaha Scorpio juga bisa digunakan untuk bahan modifikasi.

Selanjutnya preteli body motor hingga menyisakan mesin, sasis dan sejumlah komponen listrik motor. Setelah selesai lanjutkan ke poin kedua, yaitu membuat konsep.

Konsep Modifikasi Motor

Konsep adalah ide dasar yang berhubungan dengan motor yang akan dimodifikasi. Dengan adanya konsep, membantu mengerjakan modif lebih jelas dan terarah. Setidaknya ada gambaran seperti apa rancangan motor.

Dengan adanya konsep ini pembuatan motor akan lebih terarah, efektif dan efisien. Baik dari segi waktu maupun biaya.

Baca Juga: MODIF MOTOR HONDA BEBEK

Aplikasi Modifikasi Motor

Poin ketiga yang harus dipersiapkan dalam modifikasi motor adalah memasang bahan-bahan yang sudah ada atau disebut juga dengan merakit. Perakitan motor dilakukan berdasarkan konsep yang sudah dibuat sebelumnya.

Kadang pada waktu mengaplikasikan konsep, ada beberapa part-part motor yang tidak ada atau sulit ditemukan. Jika demikian maka pembuatan ulang harus dilakukan menjadi bagian dalam cutom. Misalnya: pembubutan.

Bagi Anda yang tidak mengerti bagaimana memodifikasi motor atau memiliki budget dana terbatas, solusinya bisa membawa motor Anda ke builder non bengkel yang bekerja sendiri.

Demikian pembahasan mengenai poin penting motor custom atau modifikasi motor yang harus dilakukan untuk mendapatkan motor sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat. Selamat memodif!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *