Pernak – pernik Velg Racing Motor

Pernak – pernik Velg Racing Motor

Velg jenis ini memang enak dipandang mata. Tampilannya lebih menarik. Velg racing. Ya, pada umumnya semua orang tahu velg ini. Velg ini memang banyak dipakai saat ini. Motor – motor keluaran baru, rata – rata sudah menggunakan velg ini dari pabrikannya. Wajar memang, karena inilah teknologi terbaru dibidang velg, belum ada lagi yang lainnya. Nah, meskipun banyak yang tahu tentang velg ini, tapi tidak banyak yang tahu tentang seluk beluk tentangnya. Padahal ada banyak hal yang bisa anda ketahui dari komponen motor yang satu ini. Nah sebagai bahan pengetahuan, inilah pernak – pernik velg racing motor.

Pernak – pernik Velg Racing Motor

Balancer pada velg racing

Untuk velg racing keluaran baru rata – rata sudah menggunakan balancer. Bentuknya seperti apa? Bentuknya plat logam sisi kiri dan kana velg. Kedua plat logam tersambung dengan logam lagi. Fungsinya adalah sebagai pemberat untuk menyeimbangkan distribusi berat dari pelek palang. Ini berpengaruh pada handling motor.

Memperbaiki velg racing yang rusak

Karena tidak punya peredam seperti  velg jari – jari, maka velg jenis ini rentan rusak apabila sering masuk lobang apalagi menghantam keras. Mungkin inilah salah satu kelemahan dari velg jenis ini. Tapi meskipun begitu, tidak perlu khawatir karena masih bisa diperbaiki. Tentu saja jika bukan rusak parah tentunya.  Bagaimana cara memperbaikinya? Ini caranya :

  • Lepaskan velg dari motor. Lepaskan juga bannya.
  • Periksa kondisi. Liat sebelah mana saja titik yang bengkoknya. Kemudian pukulah dengan balok kayu bagian yang bengkoknya hingga sesuai dengan alur lingkaran.
  • Jika kerusakan cukup parah, ada baiknya velg dipanaskan lebih dahulu agak lebih lunak. Kemudian pukul lagi dengan balok kayu untuk membentuknya kembali.
  • Jika sudah terbentuk seperti semula, tahap selanjutnya adalah lakukan pengepresan. Tujuannya adalah velg menjadi lebih presisi sehingga nyaman digunakan. Untuk pengepresan ada alatnya khusus.
  • Jika sudah  melalui proses pengepresan, saatnya finishing. Rapikan dan sambungkan bagian yang bengkok atau rusak dengan dempul dan dilem. Ini dilakukan selain untuk tampilan, juga untuk menutup pori – pori velg agar lebih kuat.

Baca Juga:VELG RACING ATAU JARI – JARI ?

Membeli velg racing bekas

Jika kondisi velg rusak parah atau setelah diperbaiki tetap tidak nyaman dipakai. Itu saatnya anda harus mengganti velg motor anda. Membeli yang baru merupakan solusi paling baik. Tapi bila kebetulan budget anda lagi terbatas,anda bisa membeli yang bekas. Ini lah tips untuk membeli velg bekas,yaitu :

  • Periksa bibir velg ada retak,tidak rata atau pecah.
  • Periksa bearing. Coba pasangkan dan putar velgnya stabil atau tidak.
  • Periksa bila ada bekas bubutan
  • Periksa tulisan pada velg bila samar berarti pernah dicat untuk menutupi cacat.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *