Pernak – pernik Modifikasi Motor

Pernak – pernik Modifikasi Motor

Bicara tentang dunia otomotif, pasti topik yang satu ini tidak akan pernah lepas. Modifikasi motor. Ya, tema ini memang cukup menggoda untuk diperbincangkan karena memang dunia otomotif ujung – ujungnya adalah modifikasi. Meskipun ada aturan dari Kepolisian Republik Indonesia yang membatasi tentang modifikasi, tapi tetap tidak menyurutkan peminatnya. Membicarakan tentang tema ini berarti membicarakan tentang banyak hal yang terpecah menjadi bagian – bagian. Sungguh suatu tema yang tidak pernah membosankan. Untuk anda pecinta dunia otomotif, berikut adalah pernak pernik modifikasi motor.

Pernak – pernik Modifikasi Motor

Dalam dunia modifikasi motor mengenal adanya aliran yang menjadi rujukan atau patokan.  Setidaknya ada 20 aliran yang bisa menjaadi rujukan yaitu sebagai berikut :

  1. Rat bike
  2. Drag style
  3. Trike bike
  4. Touring
  5. Sport full fairing
  6. Streetfighter
  7. Enduro bike
  8. Bobber
  9. Trial bike
  10. Trail bike
  11. Supermoto
  12. Café racer
  13. Jap style bike
  14. Chopper bike
  15. Thai look style bike
  16. Street Tracker Custom bike
  17. Speedway bike
  18. Low rider bike
  19. Kalsik retro bike
  20. Vintage bike

Masing – masing aliran modifikasi motor tersebut mempunyai krakteristik tersendiri . Jadi tergantung dengan selera anda masing – masing tentunya.

Baca Juga:INGIN JAGO MODIFIKASI MOTOR ? INI SKILLNYA

Sebenarnya itu hanya sebagai patokan saja, aliran yang sudah ada. Jika anda ingin tampil beda dengan idealisme modifikasi motor tersendiri, sah – sah saja sebenarnya.  Tapi  ada baiknya anda mengetahui pedoman atau patokannya. Pada umumnya ada 3 hal yang biasa jadi bagian yang dimodifikasi yaitu sebagai berikut :

  • Warna atau tampilan cover bodi

Ini merupakan modifikasi dasar atau umum dilakukan. Hasilnya langsung dapat terlihat. Jika anda tidak mengubah warna atau mengecatnya sendiri, anda bisa menyerahkan kepada ahlinya untuk hasil yang lebih baik.Tapi jika anda merubah warna drastis, persiapkan dana lebih untuk mengubah keterangan warna di STNK dan BPKB.

  • Bodi

Kalo yang ini biasanya pengerjaanya lebih rumit dan makan waktu. Tapi kembali lagi serahkan pada ahlinya.

  • Mesin

Modifikasi ini hanya terlihat bila dipakai akan terasa perbedaannya. Karena memang modifikasi ini sifatnya tersembunyi bukan tampilan.

Nah, silakan anda pilih mau bagian mana yang dimodifikasi? Atau mau semuanya juga boleh,terserah anda tentunya.

Nah setelah anda mengetahui bagian mana yang anda yang ingin anda modifikasi, selanjutnya ada hal – hal lain yang perlu anda pertimbangkan sebelum memulai modifikasi motor anda. Apa saja itu? Ini dia sekilas penjelasannya.

  1. Tentukan konsep modifikasinya
  2. Tentukan bengkel modifikasinya
  3. Siapkan budget yang  sesusai dengan kebutuhan
  4. Siapkan mental untuk sabar menunggu

Nah, pernak – pernik di atas cukup memberikan gambaran bukan? Selamat berkreasi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *