Pernak – pernik Busi Motor

Pernak – pernik Busi Motor

Menurut Wikipedia busi adalah suatu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam  dengan elektroda pada ruang bakar. Fungsi dasarnya adalah untuk membakar bensin yang sudah dikompres oleh piston. Tidak sesimpel fungsi dan tidak sesederhana bentuknya, busi motor mempunyai peranan penting pada sebuah motor. Banyak hal harus diketahui tentang di kecil ini. Bila anda ingin mengetahuinya, inilah pernak – pernik busi motor.

Pernak – pernik Busi Motor

Jenis – jenis busi motor

Kalau anda belum tau, busi ternyata mempunyai beberapa jenis. Yang membedakan tentu saja kualitas dan karakternya tentu saja.

  • Busi standar

Ini merupakan busi asli bawaan motor dari pabriknya.  Normalnya bisa dipakai sampai jarak 20 ribu km. Tapi tentu saja tergantung pemakaian dan faktor – faktor lainnya yang turut mempengaruhi.

  • Busi beresistor

Busi ini berguna untuk melindungi perangkat elektronik digital motor. Logo hurup R miring berarti resistor. Banyak yang terkecoh karena menganggap R disini adalah racing.

  • Busi platinum

Busi ini cocok untuk yang suka touring atau para bikers. Umurnya bisa mencapai 30 ribu km. center elektrodanya yang tebuat dari platinum membuat pengaruh panas ke metal platinumnya relatif kecil.

Baca Juga:ARTI KODE BUSI MOTOR

  • Busi iridium

Busi ini cocok digunakan untuk balapan. Banyak mekanik yang menggunakan busi jenis ini. Ujung elektrodanya terbuat dari nikel dan center elektrodanya terbuat dari iridium.

  • Busi racing

Busi ini mempunyai harga paling mahal dibanding yang lainnya. Namun meski mahal, umurnya relatif pendek antara 20 ribu km sampai dengan 30 ribu km. Biasanya digunakan untuk motor dengan mesin full modifikasi.

Penyebab busi motor cepat rusak

Busi mempunyai umur normalnya minimal 20 ribu km. Tapi karena suatu faktor, komponen motor tersebut bisa cepat mengalami kerusakan. Meskipun relatif murah tapi kalo sering rusak tentu akan sangat menjengkelkan.  Ada beberapa faktor yang bisa memperpendek usia busi.

  • Pemasangan busi kurang tepat

Kadang tanpa disadari pemasangan busi motor tidak maksimal terpasang. Bisa masih longgar atau bisa jadi kurang pas. Ini biasa terjadi bila anda mengganti busi lama dengan yang baru. Atau bisa juga ketika anda membersihakn busi anda yang kotor.

  • Kebocoran kompresi mesin

Ini bisa diartikan suatu kondisi d imana hilangnya tekanan diruang silinder ruang pembakaran. Hal ini mengakibatkan pembakaran tidak sempurna. Dampaknya terhadap busi adalah cepat mati atau rusak.

Untuk mengetahuinya bisa dengan menggunakan alat tes kompresi yang dimasukan ke lubang busi dan dislah untuk mengetahui  tekanan kompresi.

  • Settingan bahan bakar tidak pas

Biasanya terjadi pada motor yang masih menggunakan karburator. Karburator menjadi banjir dan ruang mesin teralu banyak bensi menjadi lembab dan kotor. Busi pun cepat mati.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *