Perlengkapan Motor yang Wajib Dimiliki Pengemudi

Motor merupakan jenis alat transportasi dengan kapasitas terbesar yang melintas di jalanan. Harga motor yang semakin terjangkau membuat hampir semua kepala keluarga kini memiliki motor. Namun, fakta bahwa motor merupakan alat transportasi paling banyak ditemukan di jalanan dengan jumlah pengemudi terbesar juga memiliki sisi negatif, yaitu dengan adanya fakta bahwa motor merupakan penyumbang kecelakaan terbesar di jalan raya. Kecelakaan motor sangat mudah terjadi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kehati-hatian dan kewaspadaan para pengguna motor ketika memacu kencaraannya. Selain itu, faktor keamanan yang sering diabaikan juga menjadi penyebab terbesar mengapa kecelakaan sepeda motor sering merenggut korban jiwa. Agar terhindar dari kecelakaan yang fatal dan demi tujuan keamanan, berikut ini adalah beberapa perlengkapan motor yang wajib dimiliki dan dipakai oleh pengemudi.

  • Helm

Helm merupakan perlengkapan motor yang berfungsi sebagai pelindung kepala yang keberadaannya sangat penting untuk pengendara motor. Tidak sekadar berfungsi sebagai pelindung kepala dari benturan langsung dengan benda keras, helm juga berfungsi untuk pelindung mata dari kelilipan ketika berkendara. Kaca pada helm akan melindungi mata dan membuat pandangan ke jalan lebih fokus. Hingga saat ini, kecelakaan fatal banyak terjadi karena pengendara motor sering mengabaikan betapa pentingnya memakai helm sehingga mereka sering berkendara tanpa berhelm. Bagi pengendara, hendaknya memaki helm dengan logo SNI, yaitu helm standar nasional Indonesia yang sudah lulus uji produksi sehingga helm berlogo SNI sangat aman digunakan untuk melindungi kepala.

  • Jaket

Pengendara motor sering mengabaikan pentingnya jaket ketika berkendara. Padahal, jaket sangat penting digunakan ketika berkendara. Bukan hanya berfungsi sebagai pelindung tubuh dari panas matahari langsung ketika siang dan dari udara dingin ketika malam, jaket juga berfungsi untuk melindungi tubuh ketika terjatuh, sehingga bagian lengan dapat terlindungi dari gesekan lanmgsung dengan aspal. Bagi pengendara motor, disarankan untuk memakai jaket tebal.

Baca Juga: INI DIA HARGA PERLENGKAPAN MOTOR MODEL TERBARU PALING HITS 2017

  • Pelindung Lutut

Bagi pengendara motor yang mengendarai motor besar atau motor gede, memakai pelindung lutu sangat disarankan. Pakailah pelindung lutut yang terbuaty dari bahan bermaterialkan plastik keras dan dilengkapi dengan karet pengikat sehingga dapat diikat atau dilingkarkan di kaki. Pelindung lutut berfungsi untuk melindungi lutut pengendara dari benturan langsung ketika terjatuh yang tidak jarang dapat menyebabkan patat tulang, sebab kaki memiliki tulang kering yang mudah patah jika terjadi benturan keras.

  • Sarung Tangan

Sarung tangan merupakan perlengkapan motor yang keberadaannya tidak kalah penting. Selain melindungi tangan dari panas matahari langsung yang dapat membuat kulit menjadi hitam, sarung tangan juga berfungsi sebagai pelindung tangan dari cedera akibat gesekan atau benturan dengan grip stang. Sarung tangan juga berfungsi memberikan kehangatan ketika berkendara dalam cuaca yang dingin. Pakailah sarung tangan yang dilengkapi dengan plastik keras di bagian atasnya untuk melindungi tulang jari ketika terjadi benturan langsung.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *