Perlengkapan Motor yang Wajib Digunakan di Jalan

Menggunakan motor untuk berkendara di jalan raya, memang dapat memberikan kemudahan tersendiri bagi para penggunanya. Selain dapat menerobos kemacetan, menggunakan motor juga memungkinkan para penggunanya untuk menempuh waktu perjalanan yang lebih singkat, karena mampu digunakan untuk melewati berbagai jalan kecil yang mungkin dapat memangkas sebuah rute perjalanan. Namun dalam menggunakan motor di jalan raya ini, kita tidaklah boleh sembarang. Selain harus memiliki surat ijin mengemudi, berbagai perlengkapan motor yang dikhususkan untuk menjaga keselamatan para penggunanya pun, juga wajib untuk Anda kenakan. Lalu apa sajakah perlengkapan wajib untuk keamanan berkendara tersebut?

Perlengkapan wajib yang harus selalu digunakan oleh para pengemudi motor baik di jalan raya ataupun jalan umum lainnya adalah Helm. Helm merupakan penutup kepala yang diwajibkan untuk digunakan oleh para pengendara motor, karena memiliki fungsi penting untuk melindungi kepala para pengguna motor dari berbagai gangguan pada saat berkendara. Perlengkapan wajib berkendara ini pun telah diatur jelas dalam undang-undang lalu lintas dan jalan raya, sehingga bagi siapa pun pengendara motor tanpa terkecuali yang tidak menggunakan helm saat berkendara, akan dikenakan sanksi oleh pihak yang berwajib.

Berikut ini perlengkapan motor lainnya yang wajib dikenakan oleh para pengendara motor, sebagai antisipasi keamanan dalam berkendara, yang antara lain adalah:

Baca Juga: PERLENGKAPAN MOTOR YANG WAJIB DIBAWA PADA SAAT TOURING

  • Jaket, merupakan pakaian luar dengan lengan panjang dengan bentuk yang tebal, meskipun tidak diatur dalam peraturan perundang-undangan, perlengkapan ini wajib dikenakan pra pengendara untuk melindungi bagian dada serta tubuh pengendara dari terpaan angin, panas ataupun debu yang beterbangan di jalan raya.
  • Celana panjang, jenis celana ini wajib digunakan oleh para pengendara motor, sebagai sebuah antisipasi dari kemungkinan adanya goresan yang terjadi saat seseorang terjatuh dari sepeda motor.
  • Kaos tangan, perlengkapan ini difungsikan untuk melindungi bagian tangan pengemudi motor dari kemungkinan terjadinya goresan saat terjatuh, serta melindungi tangan dari panas matahari yang menyengat. Selain itu perlengkapan ini juga difungsikan untuk menghasilkan genggaman yang nyaman pada saat mengemudi.

Selain perlengkapan diatas, dalam hal pemakaian sepatu pun bagi seorang pengendara motor juga harus diperhatikan. Selain mampu melindungi bagian telapak dan punggung kaki, sepatu juga menjadi penentu kenyamanan Anda pada saat mengemudikan kendaraan bermotor. Dengan sepatu inilah, nantinya para pengemudi motor akan bertumpu pada saat berhenti dan menggunakan sepatu sebagai pijakan nya.

Berbagai perlengkapan motor untuk mengantisipasi keamanan dalam berkendara, memanglah perlu diperhatikan oleh siapapun yang memiliki aktivitas tinggi di jalan dengan menggunakan motor. Selain dapat melindungi diri dari berbagai kemungkinan kecelakaan yang terjadi, perlengkapan keamanan juga akan menjadi penentu kenyamanan Anda dalam mengemudikan kendaraan yang Anda gunakan. Ketika Anda nyaman dalam berkendara, maka keamanan akan lebih terjaga.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *