Perlengkapan Motor Yang Wajib Di Bawa Saat Touring

Motor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan. Ada banyak alasan mengapa motor lebih banyak diminati oleh para pecinta otomotif, salah satunya adalah lebih praktis dibawa berpergian (touring) dan tidak membuat waktu terbuang akibat macet. Semakin popularnya motor diikuti dengan semakin banyaknya perlengkapan motor yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Kegiatan touring menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika perjalanan yang ditempuh melewati medan yang beragam dengan pemandangan yang indah.

Namun, apa artinya perjalanan yang menyenangkan jika pada akhirnya menemui kesulitan akibat kurang persiapan. Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi mengenai perlengkapan motor yang wajib Anda bawa saat touring.

Jaket Anti Hujan

Jaket merupakan pakaian wajb saat touring. Sebab pada waktu touring, Anda akan banyak menghabiskan waktu di jalanan dengan kondisi cuaca yang tidak tentu. Dengan menggunakan jaket anti hujan bisa melindungi tubuh dari udara dingin dan terhindar terkena basah karena hujan.

Pakaian Ganti Dan Alas Kaki

Selain jaket, perlengkapan penting lainnya adalah pakaian ganti dan alas kaki yang nyaman. Apalagi jika perjalanannya memakan waktu lebih dari satu hari. Gunakan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan tema atau medan perjalanan yang akan ditempuh. Sedangkan pakaian ganti bisa gunakan kaos lengan pendek atau kaos panjang.

Obat-Obatan

Selalu membawa perlengkapan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) saat touring merupakan hal penting dan wajib. Bukan hanya digunakan untuk pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan, namun berguna jika mengalami gejala tidak enak badan.

Baca Juga: PERLENGKAPAN MOTOR YANG WAJIB DIMILIKI PENGEMUDI

Uang Tunai

Bagi sebagian orang membawa uang tunai lebih beresiko, namun pada saat touring Anda harus membawa uang tunai untuk berjaga-jaga jika rute touring daerahnya tidak ada mesin ATM atau bank. Agar aman, sebaiknya simpan uang di beberapa tempat terpisah. Jangan hanya menyimpannya di dalam dompet saja, hal ini untuk mencegah terjadinya pemerasan atau dompet hilang.

Tool Kit

Peralatan tool kit wajib Anda bawa, peralatan ini digunakan untuk antisipasi jika terjadi kerusaan minor, seperti: baut-baut longgar, mengganti beberapa part di motor tanpa harus menggunakan bantuan mekanik di bengkel.

Flat Tire Repair Kit

Bagi sebagian pengendara motor ada yang menganggap peralatan ini tidak begitu penting. Tapi, sangat penting jika motor mengalami kebocoran. Alat ini dilengkapi dengan berbagai jenis perlengkapan lainnya, seperti pompa atau tabung gas, lem, obeng dan karet untuk menambal ban.

Peta Fisik Atau GPS

Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, mempermudah pengendara motor menuju lokasi dengan menggunakan Global Positioning System (GPS). Dengan alat ini Anda bisa mengetahui arah menuju lokasi. Sayangnya perangkat ini sering terhalang karena masalah sinyal.

Itulah beberapa jenis perlengkapan motor yang wajib Anda bawa jika akan melakukan perjalanan jauh atau touring. Selain perlengkapan yang sudah disebutkan tersebut masih ada beberapa perlengkapan lainnya yang mendukung perjalanan ANda menjdi lebih menyenangkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *