Perlengkapan Motor Wajib Pakai untuk Para Pemudik Demi Keselamatan Berkendara

Lebaran hampir tiba. Sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk mudik? Mungkin ada yang menjawab sudah dan banyak juga yang belum mempersiapkan apapun. Persiapan untuk mudik haruslah dilakukan secara maksimal sehingga Anda bisa melewati perjalanan dengan lebih siap dan aman sehingga sampai ke kampung halaman dengan selamat. Terkhusus untuk Anda yang mudik dengan menggunakan motor, maka pastikan juga untuk mempersiapkan perlengkapan motor lengkap agar mudik terasa lebih nyaman dan aman.

Sebelum berangkat mudik, ada baiknya Anda mempersiapkan semua barang yang akan dibawa pulang. Hindari membawa terlalu banyak barang karena akan menyulitkan di perjalanan. Bagi yang mudik dengan jarak jauh misalnya menempuh waktu semalaman, disarankan untuk tidak mudik sendiri karena dikhawatirkan terlalu lelah di perjalanan lantaran jauhnya jarak. Siapkan kondisi fisik prima serta kondisi motor yang sehat. Selain itu, gunakan beberapa perlengkapan motor berikut ini untuk keamanan Anda:

di motoraja.com ada banyak sekali peralatan motor yang mesti anda miliki. Lihat selengkapnya

  1. Helm – pelindung kepala yang satu ini sudah tidak boleh dilupakan. Benturan keras ketika berkendara bisa terjadi kapan saja sehingga Anda wajib melindungi kepala. Gunakan helm dengan standar SNI yang desainnya kokoh dan kuat namun tidak memberatkan di kepala. Pilihlah kaca helm bening agar pandangan Anda tidak terhalang.
  2. Masker – asap dan bau pasti akan Anda hadapi selama perjalanan. Masker yang baik adalah masker yang mampu menutup hingga leher dan hidung sehingga terlindungi dengan maksimal.
  3. Kaos tangan – handle kendaraan ini bisa jadi licin karena keringat atau terkena air. Itulah mengapa Anda butuh sekali kaos tangan yang akan mampu membuat Anda lebih nyaman ketika mengatur handle stang.
  4. Jaket – angin akan menjadi teman Anda selama perjalanan menuju ke rumah. Pastikan memakai jaket yang tebal dan pas di badan sehingga tubuh bisa lebih terlindung dan tidak terkena masuk angin. Jaket waterproof sangat disarankan.
  5. Sepatu – Dibanding menggunakan sandal, Anda lebih disarankan menggunakan sepatu yang nyaman. Selain itu kaki juga akan lebih terlindung dari benturan yang keras selama perjalanan. Jangan lupa tambahkan kaos kaki juga.
  6. Tas backpack – Untuk membawa barang yang besar, berat atau banyak, lebih baik menggunakan jasa dari kurir. Anda cukup membawa barang seperlunya saja dengan tas backpack yang terikat kuat di punggung dan tidak mudah jatuh.
  7. Jas hujan – berjaga-jaga membawa jas hujan sebelum datang hujan juga wajib Anda lakukan.

Itulah beberapa perlengkapan motor yang wajib untuk dibawa selama perjalanan mudik. Perjalanan mudik adalah perjalanan yang panjang dan butuh konsentrasi, untuk itu ada baiknya jika Anda mempersiapkan diri sebelumnya. Jika Anda lelah dan mengantuk, berhentilah sejenak untuk mengistirahatkan tubuh dari penatnya perjalanan.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *