Perkembangan dan Sejarah Motor Vespa dari Waktu Ke Waktu

Motor Vespa adalah motor jenis sekuter buatan perusahaan Piaggio dari Italia, perusahaan yang berdiri pada tahun 1884 awalnya hanya memproduksi kapal pesiar ini juga menghasilkan lokomotif, gerbong kereta pai, van, mobil dan truk karoseli. Pada saat perang dunia ke-1 berlangsung perusahaan ini mulai memproduksi pesawat.

Awal Mula Pembuatan Vespa

Pada tahun 1917 pabrik Piaggio Pontendera di Pisa menjadi pusat produksi pesawat sampai setelah perang dunia ke-2 merupakan kelahiran produk yang fenomenal sampai sekarang, yaitu motor vespa.

Terjadinya perang dunia ke-2 menyebabkan ekonomi di Italia merosot. Bahkan pabrik Pontedera dan Pisa hancur di bom oleh sekutu. Meskipun hancur, perusahaan ini tidak berhenti begitu saja. Enrico Piaggio anak pendiri perusahaan Rinaldo Piaggio kemudian meneruskan perusahaan. Ia memutuskan untuk menghentikan produksi pesawat dan beralih menghasilkan transportasi yang bisa digunakan oleh penduduk Italia dengan harga terjangkau.

Sampai pada akhirnya lahirlah sebuah prototype Vespa yang diberi nama MP5 ayau dikenal sebagai Paperino (Donald Duck). Istilah Donald Duck diberikan oleh penduduk Italia karena bentuknya mirip bebek. Namun karena Enrico Piaggio tidak menyukai desain MP5, kemudian vespa mengalami beberapa perubahan sampai pada akhirnya menjadi model desain yang menjadi model vespa yang familiar kita kenal sekarang ini.

Sejarah Vespa di Indonesia

Vespa dikenal di Indonesia sudah sejak tahun 1960-an. Perusahaan yang mengimport motor ini adalah PT Danmotors. Dulu harga Vespa sangat mahal, hampir setara dengan harga satu buah rumah sederhana.

Sejak itu Vespa menjadi kendaraan popular yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, setelah masuknya motor keluaran perusahaan Jepang, seperti Honda membuat motor ini mulai ditinggalkan.

Baca Juga:VESPA UNIK KLASIK MASIH DIBURU PARA PENGGEMARNYA

Salah satu model Vespa yang paling langka, jikalau ada harganya tentu sangat mahal adalah Kongo Vespa. Motor ini adalah hadiah dari pasukan Inggris untuk pasukan perdamaian Garuda Indonesia yang ditugaskan di Kongo.

Perbedaan Vespa Kongo dengan Vespa lainnya adalah bahannya menggunakan plat baja membuat motor Kongo lebih kuat dan tahan lama. Yang perlu diketahui, Kongo bukan buatan Italia, namun diproduksi oleh Jerman.

Awalnya vespa menggunakan mesin berkapasitas 88cc, kecepatannya hanya 65-75km/h. seiring berkembangnya Vespa pada tahun 1955 diluncurkan Vespa 150GS, kapasitas mesinnya mencapai 150cc dengan kecepatan 100/Km.

Dari segi desain, Vespa tidak banyak mengalami perubahan sejak pertama kali diciptakan. Hanya pada letak lampunya saja. Awalnya lampu terletak di spakbor roda bagian depan, lalu berubah di stang.

Sekarang motor ini kembali banyak digunakan oleh masyarakat baik orang tua bahkan anak-anak muda. Bahkan sekarang banyak bermunculan komunitas pecinta vespa di berbagai kota dan daerah di Indonesia. Tidak sedikit penggemar vespa mencari motor vespa antik dan klasik tanpa peduli biaya yang dikeluarkannya. Bahkan sekarang muncul komunitas modifikasi motor Vespa yang berlomba-lomba berkreasi dan menciptakan bentuk vespa yang unik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *