Perbedaan Knalpot Motor Standar dan Knalpot Motor Racing

Perbedaan Knalpot Motor Standar dan Knalpot Motor Racing

Knalpot Motor adalah bagian dari motor yang sering di modifikiasi oleh sebagian orang yang mempunyai hobi balapan atau untuk membuat motor menjadi lebih menarik. Knalpot motor berbentuk pipa. Nah pipa saluran terakhir pada mesin motor atau mobil ini sangat berpengaruh dalam proses pembuangan akhir sebuah mesin bakar, karena jika tanpa saluran terakhir ini atau tidak ada lubang pembuangan ini maka hampir dipastikan tidak akan tercipta pembakaran didalam ruang bakar sebuah mesin, sama seperti halnya api yang dinyalakan diruang hampa tanpa udara, maka api tersebut tidak akan  bisa hidup sama sekali. Jenis mesin motor dan mobil memiliki dua jenis yang sama yaitu ada yg dua tak dan 4 tak, sedangkan sistem pembuangannya adalah sama fungsinya, yaitu sama-sama untuk melepaskan gas bakar dari ruang pembakaran. Sedangkan yang membedakannya adalah bentuk dan ukuran pada puipa knalpot, perbedaannya ada pada sekat – sekat yang ada di dalamnya. Sekat-sekat tersebut mempunyai fungsi mengatur gas. Agar gas buang tepat membuang sesuai pola pembakaran didalam mesin.

Perbedaan Knalpot Motor Standar dan Knalpot Motor Racing

Knalpot Motor dibuat oleh pabrik yaitu dengan membuat knalpot standart untuk motor – motor standart, tentu dengan hitungan presisi berdasarkan pertimbangan motor untuk penggunaan harian. Tetapi masih banyak orang yang menggunakan knalpot racing. Sebenarnya kedua jenis knlapot tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, berikut perbedaan antara knalpot standar dengan knalpot racing serta kelebihan dan kekurangannya :

  1. Kanlpot Standar
  1. Kelebihan knalpot dilihat dari suaranya yang kalem dan nyaman, sehingga tidak menjadi titik pusat perhatian orang ketika di jalan.
  2. Bebas dari razia.
  3. Kelemahan knalpot standar adalah tenaga yang lebih berkurang
  4. Deru mesin  silinder yang hampir tidak terdengar
  5. Karena knalpot yang senyap membuat pengendara lain menjadi tidak waspada.
  1. Knalpot Racing
  1. Kelebihan knalpot racing adalah tidak menghabiskan banyak tenaga sehingga performa motor jadi lebih baik.
  2. Sebagai speaker dari deru mesin 2 silinder yang terdengar merdu.
  3. Karena suaranya yang keras membuat para pengendara lain lebih waspada.
  4. Kelemahan knalpot racing adalah suaranya yanag berisik atau bising dan sangat mengganggu
  5. Resiko terkena dalm operasi zebra.

Kanlpot Motor baik dari jenis standar ataupun racing, masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Namun akan lebih aman jika kita menggunakan knalpot yang standar daripada harus menggunakan knalpot racing. Tapi mungkin bagi para pecinta racing knalpot racing sangat di perlukan, namun pemodifikasian knalpot juga memakan biaya dan pemasangan yang pas dan harus sesuai dengan jenis motor. Saya sarankan agar lebih aman lebih baik menggunakan knalpot standar seain suaranya yang kalem dan juga tidak berisik tidak mengganggu orang. Demikian ulasan tentang knalpot motor yang bisa saya sampaikan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *