Perawatan Motor: Tips Mudah Merawat Aki Kering Agar Lebih Awet

Kendaraan bisa berjalan lantaran adanya proses mesin yang terjadi beserta komponen lain sehingga mampu menghasilkan tenaga untuk menggerakkan kendaraan tersebut. Terlepas dari segala proses yang ada, sistem kelistrikan di dalam sebuah kendaraan memegang peranan yang amat penting dalam kinerja semua sistem tersebut. Komponen untuk menyuplai listrik ke kendaraan adalah Accu atau dikenal aki di Indonesia. Perawatan motor jenis apapun juga harus mempertimbangkan perawatan untuk aki ini.

Aki sendiri memiliki 2 jenis yaitu jenis aki basah dan juga aki kering. Namun sebagian besar saat ini lebih menyukai penggunaan aki kering karena dirasa lebih awet dan ekonomis. Selain itu, aki kering juga lebih cocok untuk dipakai untuk jenis motor masa kini dengan banyaknya fitur terbaru dan canggih di motor-motor keluaran terbaru saat ini. Perawatan motor yang Anda lakukan juga harus memperhatikan kondisi aki sehingga performa motor secara keseluruhan tetap baik dan terjaga.

Agar aki kering bisa senantiasa awet dan tahan lama, maka berikut ini beberapa cara untuk merawat aki yang perlu Anda ketahui:

  1. Yang pertama, pastikan Anda menggunakan kendaraan Anda setiap harinya. Hal ini demi memastikan agar sistem pengisian listrik pada motor tetap terjadi sehingga bisa menghasilkan suplay listrik yang cenderung stabil. Apabila motor sedang tidak dipakai, maka Anda juga tetap butuh memanaskan mesin paling tidak 5 menit setiap harinya.
  2. Ketika memanaskan mesin pertama kalinya di pagi hari, disarankan menggunakan kick starter. Tetapi ketika sudah dipanaskan dan dipakai seharian, maka gunakanlah elektrik starter setiap harinya. Hal ini agar oli dapat terpompa dengan lebih cepat hingga bisa melumasi semua komponen di dalam mesin motor.
  3. Jika memungkinkan, usahakan untuk selalu menghindari medan yang terjal karena akan berakibat goncangan yang berlebihan sehingga berpotensi untuk merusak sel di dalam komponen akinya.
  4. Selanjutnya, Anda juga perlu mengecek kabel di terminal aki dan pastikan agar semua kabel tersebut bersih serta tertutup dengan rapat. Hal ini lantaran apabila bagian ini terlalu lembab maka akan beresiko terjadi koslet di aliran listriknya.
  5. Kiprok adalah komponen vital dalam proses suplai listrik ke bagian kendaraan. Untuk itu, tugas Anda adalah dengan selalu memastikan jika komponen kiproknya berfungsi dengan maksimal.
  6. Ketika daya listrik pada aki sudah mulai lemah, maka lakukan pengisian ulang seperlunya saja. Umumnya waktu charge adalah sekitar 5 jam atau lebih.

Itulah beberapa cara untuk merawat aki kering yang Anda pakai di sepeda motor. Perawatan motor secara rutin sangat diperlukan sehingga Anda bisa memastikan jika performanya maksimal dan tetap bekerja dengan baik secara keseluruhan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *