Perawatan Motor Dan Mobil Jangan Lupa bersihkan Komponen Kalbulator

Bagi Anda pemilik kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun empat tentu mengetahui kalburator merupakan salah satu komponen motor yang penting. karena dengan komponen inilah asupan bahan bakar danangin bisa tercampur dengan maksimal sehingga proses pembakaran bisa lebih optimal. Agar tidak mudah rusak perawatan motor atau mobil penting dilakukan, salah satunya komponen kalbulator.

Perawatan motor dan mobil menjadi salah satu solusi terbaik mencegah kendaraan Anda mengalami kerusakan atau masalah lainnya. Perawatan kendaraan bisa dilakukan sendiri atau ke bengkel service. Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan informasi berupa tips cara membersihkan kalbulator pada kendaraan.

Siapkan Peralatan Untuk Membongkar

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan peralatan yang dibutuhkan untuk membongkar karbulator, seperti: obeng, kunci 20, 12 dan 14,tang dan karbulator cleaner untuk menyemprot lubang yang tersumbat kotoran. Dengan menyemprotkan kalbulator cleaner pada setiap sudut kemungkinan kotoran yang di dalam lubang akan hilang sehingga kondisinya lebih bersih dan asupan bahan bakar menjadi lebih maksimal.

Buka Rumah Filter Udara Dan Filternya

Langkah berikutnya adalah membuka rumah filter dan filternya. Gunakan kunci 10 dan 13 untuk melepaskan mur dan baut. untuk mengendurkan baut lakukan dengan hati-hati jangan sampai baut patah atau slek.

Buka Baud Drain

Lanjutkan dengan membuka baud drain dengan menggunakan kunci yang pas atau shok ukuran 14mm. Menggunakan alat tersebut membuka baut menjadi lebih mudah. baud drain adalah bagian penutup suplayer yang berada dibagian depan kalbulator. setelah lepas,Anda bisa melihat suplayer yang ada di dalamnya. Semprot suplayer dan baud setelan angin dengan carbulator cleaner. Setelah bersih, pasang kembali baud dan hidupkan kembali mesin.

Baca Juga:  PEMILIHAN DAN PERAWATAN UNTUK ONDERDIL MOTOR

Atur Setelan Angin Yang Masuk Ke Kalbulator

setelah baud terpasang, lanjutkan dengan mengatur setelan angin yang masuk ke karbulator agar langsam.Anda bisa memutarnya sekitar 1,5 putaran lalu bekap menggunakan telapak tangan beberapa kali, tujuannya agar kotoran yang masih terdapat di karbulator keluar.

Semprot Karbulator Dengan Kalbulator Cleaner Sampai Bersih

langkah berikutnya adalah menyemprot kaburasi cleaner ke dalam kalbulator dengan demikian putaran mesin akan turun. Dalam kondisi tersebut naikkan putaran mesin denagn membuka skep gas. Jika mesin masih mati hidupkan kembali dan lakukan beberapa kali sampai Anda menemukan setelan yang pas.

Setel Angin Kembali

Tips yang terakhir adalah menyetel angin kembali. Dengan catatan kondisinya sudah bersih. Lalu tutup baut setelah terlebih dulu kemudian putar mesin, turun dan mau mati. Kemudian putar untuk membuka kurang lebih 1.5 putaran. Nah, hentikan mesin pada saat putaran mesin tertinggi dan kondisi stabil. Jika perlu tambahkan seperempat putaran agar mudah dihidupkan saat dingin.

Demikian informasi mengenai tips perawatan motor dan mobil bagian karbulator. Jika Anda tidak bisa melakukannya bisa bawa ke bengkel service di dekat tempat tinggal Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *