Perawatan Motor Bagian Rantai Dan Gir

Bagian komponen pada motor yang sering luput diperhatikan dan agak sulit dideteksi adalah bagian rantai dan gir. Pada motor jenis skuter matik tidak memiliki komponen ini, tapi untuk jenis motor sport dan bebek masih menggunakan rantai dan gir. Karena fungsinya menggerakan mesin, sudah seharusnya diimbangi dengan perawatan motor yang benar.

Jika tidak dirawat akan muncul masalah seperti: rantai kendor, mengeluarkan bunyi dsb. Agar masalah tersebut tidak terjadi, penting melakukan perawatan motor. Untuk merawat, pengguna wajib tahu ciri-ciri gir yang aus akibat kikisan rantai. Begitupun dengan kondisi rantai, pengguna wajib tahu kapan harus diganti. Lebih lengkapnya, ikuti penjelasannya berikut ini.

Perhatikan Kondisi Fisik Gir

Selain mengetahui ciri-ciri jika mengalami kerusakan, terlebih dulu pengguna harus mengetahui kondisi fisik gir. Apabila ujungnya lancip, lekukannya semakin dalam, berwarna gelap, lebar lekukan dan sudut yang tajamnya mulai tidak sama, itu tandanya gir roda bagian belakang harus diganti. Jika kondisinya demikian, tandanya gir mengalami aus karena gesekan pada rantai. Lalu pastikan apakah klip pengunci gir masih tetap pada posisinya atau tidak.

Pastikan penutup rantai terpasang dengan baik, karena jika kondisinya tidak terpasang dengan baik biesa mengeluarkan suara yang berisik antara penutup dengan rantai. Selain itu bisa membahayakan pengendara.

Kekencangan Rantai

Berikutnya ukur kekencangan pada rantai. Jangan biarkan rantai kendor atau kencang. Jika terlalu kendor bisa mengakibatkan rantai copot pada gir nya dan apabila terlalu kencang bisa menyebabkan rantai putu. Cara mengukur kekencangan rantai caranya bisa dilihat di buku pedoman kendaraan masing-masing. Atau bisa lakukan penyetelan, caranya kendurkanbaut swing arm dan setel rantai jarak 8-11 mm.

Bersihkan Rantai

Jangan lupa bersihkan rantai dari kotoran dan debu yang menempel. Kondisi rantai yang kotor dapat mempengaruhi kinerja motor dan memperpendek usia gir dan rantai. Membersihkan rantai caranya bisa menggunakan minyak tanah atau dicuci dengan sabun.

Lumasi Rantai

Lumasi rantai dengan pelumas khusus rantai motor atau bisa menggunakan oli garden khusus untuk mobil. Namun sebaiknya gunakan pelumas yang berkualitas khusus untuk rantai agar lebih awet. Melumasi motor secara rutin bisa memperpanjang usia gir dan rantai. Lumasi rantai sebaiknya jangan berlebihan, lumasi secukupnya saja. Karena jika berlebihan bisa menetes ke ban dan bisa mengakibatkan ban selip. Tentu hal tersebut berbahaya bagi keselamatan pengguna.

Itulah beberapa tips perawatan motor pada komponen gir dan rantai. Dari pembahasan tersebut kita bisa mengetahui tiga poin penting yang harus dilakukan agar rantai dan motor kondisinya dalam keadaan baik, yaitu: lakukan pengecekan, penyetelan dan perawatan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat. Selamat mencoba!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *