Penyebab Performa Motor Menurun Dan Cara Mengatasinya

Seiring bertambah tuanya motor biasanya kondisinya akan mengalami penurunan terutama performa motor. Namun ada juga motor yang mengalami penurunan karena tidak pernah dirawat atau perawatan yang diberikan tidak benar. itu sebabnya mengapa jika Anda memiliki motor disarankan untuk sering dibawa ke bengkel untuk diperiksa.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan performa motor menurun, salah satunya adalah masalah kalburator. Jika terjadi masalah pada kalburator bisa menyebabkan pemasikan bahan bakar ke ruang bahan bakar menjadi terganggu. Masalahnya adalah besar kecilnya asupan bahan bakar motor sangat menentukan kualitas pada proses pembakaran.

Masalah tersebut tidak hanya terjadi pada kalburator, namun bisa juga terjadi pada karbulator vakum, contohnya pegas yang tidak lagi lentur, kotoran pada klep yang menumpuk, membrane yang mengeras dsb. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak pembahasannya berikut ini beserta cara mengatasinya.

Komponen Pegas Sudah Tidak Lentur

Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah pegas yang sudah tidak lentur lagi, faktor penyebabnya biasanya karena usia pemakaian atau motor itu sendiri. Pegas yang sudah tidak lentur bisa juga disebabkan karena salah perlakuan, contohnya: kalburator sering diutak atik atau dibongkar pasang dengan cara yang salah.

Jadi, jika ada masalah pada kalbulator segera bawa motor ke begkel yang reputasinya baik dan sudah terbiasa menangani masalah kalbulator.

Baca Juga: 4 HAL PENTING UNTUK MENJAGA PERFORMA MOTOR AGAR LEBIH BERTENAGA

Komponen Klep Yang Kotor

Penyebab lainnya performa motor menurun adalah kotoran yang menempel pada klep, akbiatnya klep tidak tertarik secara maksmal. Jika hal tersebut terjadi maka pasokan bahan bakar pada motor jadi tidak maksimal. Kondisi inilah yang kadang menjadi penyebab motor mogok.

Apabila motor mengalami masalah tersebut caranya adalah dengan membersihkan bagian klep dengan hati-hati. Sebab jika tidak hati-hati dikhawatirkan menggeser posisi pegas. Walaupun pegas bergeser sedikit mempengaruhi proses buka tutup klep yang besar. Hidari membersihkan klep menggunakan ampelas. Sebaiknya unakan cairan khusus untuk memoles kotoran yang menempel dan mencegah permukaan klep terangkat. Bila permukaan klep terangkat bisa menyebabkan bocor.

Membran Bocor Atau Mengeras

Membran yang bahannya terbuat dari karet pada bagian kalburator vakum memiliki peranan yang penting dan hampir semua produsen motor melarang membuka komponen tersebut. Masalah yang sering terjadi adalah membrane bocor, biasanya karena sering mengutak atik dengan peralatan.

Penyebab lain membrane bocor adalah setelah membuka membran, cara pemasangannya salah, tidak terpasang pas seperti posisi semual. Selain itu membrane terbuat dari bahan yang tidak kuat dengan zat kimia seperti bensin. Apabila sudah mengeras, biasanya akan susah diangkat skep walaupun terjadi kevakuman. Inilah yang biasanya menjadi penyebab lubang venture tidak bisa terbuka semua. Akibatnya performa motor menjadi terganggu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *