Home Tips dan Trik Penyebab dan Cara Mengatasi Dinamo Motor yang Terasa Berat

Penyebab dan Cara Mengatasi Dinamo Motor yang Terasa Berat

by Rhonda Olson
Penyebab dan Cara Mengatasi Dinamo Motor yang Terasa Berat

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengendara motor adalah starter motor yang berat. Pernahkah Anda mengalami hal ini? Jika pernah atau malah sedang mengalami. Tahukah Anda apa penyebabnya? Masalah ini adalah masalah yang menyerang pada bagian dinamo motor. Lalu apa yang harus dilakukan? Berikut di bawah ini akan dibahas beberapa penyebab serta cara mengatasi masalah starter atau dinamo yang terasa berat:

Penyebab dan Cara Mengatasi Dinamo Motor yang Terasa Berat

Penyebab dinamo motor terasa berat

Penyebab umum terjadinya dinamo starter yang terasa berat adalah berasal dari kompresi atau pembakaran. Berikut penjelasannya:

  • Masalah kompresi

Alasan mengapa mesin motor tidak mau menyala adalah tekanan udara yang tidak optimal pada pencampuran bahan bakar dan udara. Hal ini disebabkan oleh rusaknya beberapa komponen seperti piston, cincin piston, silinder, dan lain sebagainya. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti bagian-bagian yang rusak. Penggantian ini hanya bisa dilakukan oleh mekanik yang ahli di bidangnya.

  • Masalah kebakaran

Proses pembakaran bensin yang dilakukan oleh busi motor membantu untuk menyalakan dinamo motor. Jika busi motor ini bermasalah atau tidak dapat bekerja dengan baik, maka starter pun juga tidak dapat dinyalakan. Namun, jika sudah dilakukan pemeriksaan dan kondisi busi masih bisa mengeluarkan percikan api, maka bisa jadi masalahnya timbul karena percikan tersebut tidak sampai ke silinder pada saat yang tepat.

  • Masalah bahan bakar

Mungkin di antara kita ada yang rutin memanaskan mesin motor walaupun tidak digunakan. Alasannya cukup simple yakni agar tidak cepat rusak. Namun, tahukan Anda apa yang sebenarnya melatarbelakangi kita untuk memanaskan motor yang tidak dipakai? Yakni untuk mempertahankan agar bahan bakarnya tidak kering. Bahan bakar yang membanjiri mesin pun juga tidak baik.

Cara mengatasi dinamo motor yang terasa berat

  1. Periksa penyaring bahan bakar. Penyaring ini tidak boleh mampet karena bisa menghalangi laju bahan bakar yang menuju ke mesin.
  2. Lihat bagian penyaring udara. Penyaring udara harus rutin dibersihkan agar tidak menghambat masuknya udara ke ruang pembakaran.
  3. Perhatikan bagian karburator. Masalah karburator biasanya terjadi karena bahan bakar yang buruk, yakni sisa menyak rengasnya sering menyumbat jalur karburator yang menyebabkan bahan bakar mengalir tidak merata.
  4. Bersihkan busi motor secara rutin. Busi yang berfungsi untuk memercikkan api bisa tidak berfungsi dengan baik apabila kotor. Kotoran tersebut biasanya berupa sisa minyak dan karbon.
  5. Yang terakhir adalah bahan bakar. Untuk menjaga kondisi mesin Anda tetap stabil, pastikan memakai bahan bakar yang bagus. Bahan bakar buruk biasanya menyebabkan mesin bergerak tidak karuan. Misalnya bahan bakar yang dicampur dengan ethanol yang menyebabkan menarik kelembapan pada mesin.
Baca Juga:  Modifikasi Motor Chopper Ala Presiden Jokowi

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More