Home Tips dan Trik Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Lampu Motor yang Sudah Redup

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Lampu Motor yang Sudah Redup

by Rhonda Olson
Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Lampu Motor yang Sudah Redup

Penerangan pada kendaraan merupakan hal yang paling penting saat kita berkendara di jalan, apalagi pada saat malam hari. Benda yang paling bisa diandalkan dalam situasi seperti ini tentunya adalah lampu sepeda motor. Namun, tak jarang intensitas cahaya pada lampu kendaraan sudah tidak menyilaukan lagi atau dengan kata lain sudah redup. Redupnya lampu motor disebabkan banyak hal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebabnya agar Anda bisa menjaga kondisi sepeda motor Anda.

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Lampu Motor yang Sudah Redup

Soket lampu kendor

Perlu diketahui jika arus listrik itu seperti aliran air. Saat Anda menyalurkan air dalam posisi selang kendor, maka air yang mengalir tersebut akan menguap keluar sehingga mengakibatkan sedikitnya jumlah air yang sampai ke bak penampungan. Sama dengan aliran listrik, bila soket kendor maka otomatis arus listrik yang masuk pada lampu juga menjadi kurang maksimal. Alhasil, sinar yang dihasilkan lampu akan lebih redup.

Soket lampu karatan

Penyebab lainnya adalah berkaratnya plat pada soket lampu motor. Plat yang kondisi sudah berkarat menghambat aliran listrik sehingga menyebabkan tegangan listrik yang sampai ke lampu menjadi lebih rendah dan mengakibatkan sinar lampu menjadi kurang terang. Biasanya karat tersebut disebabkan oleh air hujan yang merembes masuk ke dalam sela head cover motor.

Baterai lemah

Pada kendaraan bermotor, AKI merupakan baterai yang bertugas sebagai penyimpan arus listrik. Saat Anda menghidupkan semua sistem kelistrikan motor, AKI akan menyediakan sumber listriknya. Jika AKI dalam kondisi tidak bagus atau lemah, makan otomatis sistem kelistrikan yang diaktifkan tidak dapat berfungsi sempurna. Seperti pada klakson yang kurang keras dan sinar lampu yang redup.

Kiprok lemah

Jika AKI berfungsi menyimpan arus listrik, maka kiprok dan spull adalah komponen mesin yang berfungsi untuk mengisi daya aki. Sayangnya kiprok dan spull tidak hanya melakukan pengisian, juga berfungsi untuk menyediakan sumber listrik. Sehingga apabila kiprok atau spull mengalami kerusakan maka arus pengisian tentunya juga ikut akan terganggu dan bisa mengakibatkan lampu motor bisa terang dan redup tidak jelas.

Kabel lampu meleleh

Baca Juga:  Mengenal 4 Motor Harley Davidson Termahal di Indonesia

Selain karena soket yang karatan, AKI yang lemah, redupnya lampu motor juga bisa disebabkan karena melelehnya kabel lampu sehingga berakibat pada hambatan arus listrik. Lelehan kabel yang menghambat arus listrik membuat arus ke lampu menjadi kurang maksimal.

Lantas untuk mengatasi lampu motor yang redup, berikut tips untuk memperbaikinya, antara lain:

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui penyebab lampu motor Anda redup, untuk mengeceknya lakukan langkah berikut:

  • Saat mesin mati, coba nyalakan lampu sein. Jika masih berfungsi dengan normal maka kondisi AKI dalam keadaan baik. Namun, jika tidak lampu sein tidak berkedip, berarti AKI motor Anda soak/tekor.
  • Langkah selanjutnya adalah memeriksa soket lampu dan pastikan dalam keadaan baik serta tidak ada lelehan atau karat pada soket. Jika ada, maka Anda perlu mengganti soket lampu.
  • Jangan lupa memeriksa kabel lampu motor secara menyeluruh. Pastikan kabel normal dan tidak ada kerusakan.
  • Jika belum mendapat penyebabnya, maka segera bawa ke bengkel untuk mengukur tegangan output yang keluar dari kiprok menggunakan voltmeter. Jika hasilnya kurang dari 11 Volt maka ada kerusakan dan perlu untuk diperbaiki.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More