Home Perawatan Motor Pentingnya Perawatan Motor Baru yang Perlu Anda Ketahui

Pentingnya Perawatan Motor Baru yang Perlu Anda Ketahui

by Rhonda Olson
Pentingnya Perawatan Motor Baru yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda memiliki motor baru, sebisa mungkin Anda harus merawatnya dengan baik, salah satunya dengan cara Inreyen. Inreyen merupakan masa yang diperlukan motor baru supaya siap dikendarai tanpa adanya kendala yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Berikut beberapa pembahasan seputar perawatan motor dengan Inreyen yang perlu Anda ketahui.

Pentingnya Perawatan Motor Baru yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian Inreyen pada Motor

Masa Inreyen atau bisa juga disebut masa break-in merupakan masa dimana komponen-komponen mesin yang ada di dalam motor sedang dalam masa penyesuaian. Tidak hanya Anda sebagai pemilik motor yang perlu beradaptasi dengan motor Anda sendiri, namun mesin-mesin pada motor juga perlu beradaptasi terlebih dahulu. Hal tersebut berguna untuk menguji kualitas dan kemampuan motor sebagai transportasi sehari-hari Anda.

Mengapa Harus Melalui Masa Inreyen?

Masa inreyen sebenarnya diperlukan supaya dapat di uji kelayakan dan keamanan komponen mesin pada motor tersebut, serta dapat beradaptasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini dibutuhkan untuk menjaga kualitas motor agar tidak cepat rusak. Selain itu, masa inreyen ini pada umumnya bertujuan untuk menjamin keselamatan Anda dari komponen yang sepenuhnya belum terbiasa dengan kondisi jalanan. Sehingga diharapkan dengan adanya masa inreyen ini kinerja motor dapat semakin meningkat. Selama masa inreyen, Anda juga harus tetap menjaga konsistensi dalam perawatan motor Anda.

Faktor Keselamatan

Dengan adanya masa inreyen, secara tidak langsung juga berguna untuk menjamin keselamatan Anda nantinya. Hal ini di karenakan, memang pada dasarnya sebelum digunakan setiap barang harus dilakukan tes uji coba kelayakan dan keamanan supaya tidak terjadi adanya kendala. Sebagai contoh, Anda perlu mengamati kinerja dari rem motor Anda. Jika permukaan cakram dan brake pad pada rem Anda menjadi rata ini dapat menjadi sebuah bahaya bagi keselamatan Anda dalam berkendara. Mengapa? Karena permukaan yang datar cenderung menghasilkan gaya gesek yang rendah sehingga ketika Anda mengerem tidak terlalu cakram.

Bagaimana Cara Melakukan Masa Inreyen Dengan Benar?

Baca Juga:  Tips Membeli Motor Bekas yang Aman Dari Kepolisian

Berikut beberapa tips dalam melakukan masa inreyen, yaitu:

  1. Usahakan untuk tidak menekan tuas gas terlalu penuh saat melakukan start di 500 km pertama. Lalu, jangan berkendara dengan kecepatan tinggi, bahkan melakukan pengereman yang mendadak. Jika Anda melakukan kesalahan dalam penggunaan motor, hal tersebut akan berpengaruh pada komponen motor.
  2. Hindari berkendara secara ekstrim atau berbahaya. Ditambah lagi, apabila kondisi jalan sedang licin atau basah karena hujan.
  3. Jangan memanfaatkan motor baru pada masa inreyen untuk mengangkut beban yang terlalu berat atau melebihi kapasitas.
  4. Rajin mengganti oli motor setelah melalui 1000 km pertama.  Hal ini bermanfaat agar sisa-sisa partikel hasil gesekan antar komponen dapat larut dan terbuang. Ini menjadi salah satu perawatan motor yang cukup penting dan harus diperhatikan oleh setiap pengendara.
  5. Patuhi segala macam bentuk panduan dan pedoman penggunaan motor yang baik dan benar. Sebisa mungkin, selama masa inreyen Anda bisa merawat motornya agar tetap awet dan perkasa.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More