Panduan Modifikasi Motor

Bosan dengan tampilan atau performa motor anda ? Jika iya, mungkin saatnya anda mulai berfikir untuk memodifikasi motor anda. Dengan dimodifikasi, mungkin anda akan merasa seperti punya motor baru bila tampilannya bener – bener beda. Memang bila dana anda mencukupi, anda bisa mengubah motor anda jadi seperti apapun yang anda inginkan. Tapi modifikasi itu tidak selalu harus selalu berubah drastis. Balik lagi tergantung konsep yang anda inginkan. Atau setidaknya bagian mana dari motor yang anda rubah.  Ada panduan modifikasi motor yang bisa anda pakai sebagai bahan pertimbangan. Jangan sampai anda repot sendiri atau mengganggu pengendara lain.

  • Warna motor

Ini adalah tahapan paling sederhana dalam modifikasi motor, tapi paling gampang terlihat bedanya. Bila seluruh permukaan bodi motor anda yang dirubah warnanya, maka prosesnya cukup memakan waktu.  Karena untuk hasil maksimal biasanya bagian lain yang tidak harus dicat,dilepas dulu, termasuk mesin tentunya. Untuk hal ini anda tinggal menyerahkan pada ahlinya. Anda tinggal menentukan konsep dan menyiapkan dana yang diperlukan. Masalah yang akan  adalah kesesuaian data warna motor di STNK dengan warna baru motor anda. Ini perlu proses pengurusan pengubahan di STNK,bila tidak ingin menjadi masalah kelak dikemudian hari.

  • Bodi Motor

Bagian bodi memang termasuk yang paling banyak jadi bagian yang dimodifikasi. Banyak   tampilan motor yang ekstrim berubah karena bagian bodi yang dimodifikasi. Bila bagian bodi ada yang harus dipotong, maka ada baiknya membeli bagian tersebut. Orisinilnya disimpan. Hal ini berguna bila anda akan menjualnya kelak atau ingin mengubah kembali motor anda ke tampilan semula sesuai keluaran pabrik. Harus diperhatikan juga faktor kenyamanan. Jangan sampai motor anda enak dilihat tapi tidak nyaman dikendarai. Hal ini tidak berlaku untuk motor yang khusus untuk kontes. Kenapa? Karena motor kontes biasanya tidak dipakai sehari – hari.

Perubahan bodi juga jangan sampai mengganggu sistem yang sudah baku. Seperti misalnya menghalangi aliran angina ke mesin yang dapat menyebabkan motor cepat panas.

  • Tune up mesin

Nah ini modifikasi motor yang cenderung sifatnya tersembunyi. Baru terlihat bila motor dijalankan.  Biasanya mesin di tune up agar lebih bertenaga. Masalah yang timbul biasanya adalah pada konsumsi bahan bakar lebih boros dari biasanya. Ini harus jadi bahan pertimbangan serius bila anda aktif menggunakan motor tersebut setiap hari. Siap – siap merogoh kocek lebih dalam lagi.

Bagian lainnya yang biasanya terkena sentuhan modifikasi motor adalah bagian ban (termasuk velg), aksesoris tambahan, lampu, shockbraker dan lain –lain. Pada prinsipnya sama saja,tergantung konsep yang ingin anda usung dan budget yang anda siapkan tentunya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *