Onderdil Motor Asli dan Palsu, Apa Bedanya?

Onderdil motor atau spare part digunakan untuk mengganti onderdil atau komponen motor yang lama yang sudah tidak layak untuk digunakan karena dapat menyebabkan masalah pada motor. Akan tetapi, tidak semua onderdil untuk motor asli karena ada pula onderdil yang palsu. Onderdil palsu sendiri terbagi menjadi 3 kelas yaitu:

  • Kelas 1: Manufaktur buatan Taiwan atau Jepang yang hampir sama persis dengan aslinya.
  • Kelas 2: Import dari Taiwan atau Jepang namun tidak terlalu mirip dengan yang asli namun kemasannya yang dibuat hampir menyerupai yang asli.
  • Kelas 3: Umumnya barang rebuilt atau refurbish dari onderdil bekas yang sudah rusak dan diperbaiki lalu dicat ulang sehingga tampilannya menyerupai barang asli.

Cara mudah untuk membedakan onderdil yang asli dan yang palsu paling mudah adalah dengan membelinya langsung di tempat service resmi dari pabrikan motor. Akan tetapi, jika membeli sendiri lalu dipasang di motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang membedakan antara barang original dan palsu. Pertama adalah kemasan. Barang yang asli menggunakan bahasa Inggris di kemasannya bahkan di buku manual onderdil tersebut. Sedangkan barang palsu menggunakan bahasa Indonesia atau singkatan.

Baca Juga: TIPS TEPAT MERAWAT ONDERDIL MOTOR AGAR LEBIH TAHAN LAMA DAN AWET

Kedua adalah harganya. Onderdil motor asli tentunya memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan onderdil palsu baik kelas 1,2 atau 3. Jika Anda baru pertama kali membeli spare part untuk motor kesayangan Anda, tidak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu lewat internet harga dari onderdil tersebut kemudian membandingkan dengan harga yang dijual di tempat jual onderdil selain di bengkel resmi. Jika terlalu murah maka Anda harus waspada karena kemungkinan onderdil tersebut palsu.

Ketiga adalah garansi. Spare part yang asli memiliki garansi resmi yang diberikan oleh produsen dari onderdil tersebut. Hati-hati karena garansi spare part dari produsen berbeda dengan garansi dari penjual, toko atau distributor. Onderdil palsu biasanya dijual di toko penjualan spare part yang memberikan garansi toko atau distributor. Toko resmi yang menjual onderdil asli berlabel genuine part yang memiliki lisensi resmi dari pembuat suku cadang motor tersebut.

Keempat adalah packing atau cara mengemasnya. Onderdil yang asli menggunakan cara pengemasan yang rapat dan terkadang susah untuk dibuka karena pabrikan yang mengemas spare part tersebut dengan pres yang kuat. Kelima adalah perhatikan bahan komponennya. Suku cadang yang asli menggunakan material yang kuat dibandingkan dengan yang palsu. Misalnya walaupun sama-sama dari stainless steel namun yang asli memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan yang palsu. Demikian pertimbangan untuk memilih onderdil motor asli dan palsu agar tidak tertipu. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda kedepannya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *