Oli, Spare Part Yang Harus Teliti Sebelum Dibeli

Saya termasuk yang mempunyai pengalaman pahit berkaitan dengan oli. Motor yang saya kendarai mogok di suatu tempat. Setelah dicek kondisi motor oleh bengkel, salah satunya mengecek kelayakan oli, ada kejanggalan. Menurut bengkel oli mesin saya sudah tidak layak pakai. Yang menjadi janggal adalah saya baru ganti oli beberapa jam sebelumnya. Akhirnya bisa dipastikan bahwa saya membeli oli mesin palsu. Jadi menurut saya, oli, spare part yang harus teliti sebelum dibeli.

Pengalaman itu membuat saya mencari informasi untuk bisa membedakan mana oli asli dan mana oli palsu. Karena memang spare part yang satu ini baru bisa ketahuan pastinya bahwa asli atau palsunya setelah membuka segel penutup botol olinya. Suatu hal yang akan sulit dilakukan ketika akan membeli oli. Tidak mudah memang. Tapi setidaknya bisa sedikit mendapat patokan.

  • Cermati Label Kemasan

Hal pertama yang memang paling mungkin dilakukan adalah melihat dengan teliti label kemasan spare part yang satu ini. Oli, diproduksi  oleh pabrik– pabrik besar. Rasanya tidak pernah mendengar oli diproduksi oleh home Industry. Itu artinya bahwa label untuk kemasan olinya juga akan terlihat rapi. Dengan hasil cetak yang juga sempurna. Bila anda mendapati ada kejanggalan dalam label kemasan oli yang anda beli, ada baiknya anda pindah toko. Karena logikanya toko tidak mungkin membeli cuma 1 botol. Jadi ketika anda coba menukarnya, ya, anda kemungkinan mendapatkan temannya juga.

  • Cermati Botolnya

Memproduksi botol atau memesan botol baru itu memerlukan biaya yang besar. Karena memang tidak bisa sedikit. Dengan kondisi seperti itu, kemungkinan besar pemalsu oli akan menggunakan botol bekas dari oli merk tersebut. Tapi memang pemalsu oli juga akan membersihakannya terlebih dahulu. Rekondisi istilahnya. Namun tidak ada salahnya anda coba meneliti dengan seksama kondisi botolnya. Seperti sebelumnya jika menemukan kejanggalan, lebih baik cari tempat lain.

  • Bandingkan No Identitas Produknya

Oli biasanya memberikan kode atau no identitas pada produk oli yang mereka lempar ke pasaran. Tugas anda adalah membandingkan no identitas yang berada pada tutup botol spare part  satu ini dengan yang berada pada botolnya. Itu menjadi salah satu tolak ukur yang cukup layak dijadikan patokan.

  • Teliti Tutup Botolnya

Untuk menjaga dari pemalsuan, salah satu cara yang dilakukan oleh produsen oli adalah teknologi pada tutup botol. Pada umumnya tutup botolnya cuma bisa sekali buka untuk tetap terlihat rapi. Jadi begitu sekali dibuka, tutup penyegelnya akan rusak. Dan teknologi tersebut pasti tidak murah. Jadi bila pemalsu menggunakan botol bekas, walaupun direkondisi,bila anda teliti mencermati akan terlihat kejanggalannya

Jadi, teliti sebelum membeli ya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *