Musim Hujan Tiba, Pastikan Bawa Perlengkapan Motor Berikut Ini!

Musim hujan kini telah tiba. Guyuran hujan dari langit ini kerapkali membawa persoalan sendiri bagi para pengendara di jalanan hingga banyak kecelakaan berpotensi akibat hujan yang turun dan licinnya jalanan. Mungkin bagi Anda para pengendara mobil tidak terlalu mengkhawatirkan keadaan karena akan lebih terlindung. Namun bagi pengendara motor berbeda karena mereka harus selalu membawa berbagai perlengkapan motor lengkap selama musim hujan.

Kecelakaan di jalanan atau mogok kerap terjadi karena tergelincir di jalanan mengingat pandangan terganggu hingga melibas genangan air yang ternyata merupakan lubang besar. Persoalan mogok pun kerap terjadi. Oleh karena itu, ada baiknya para pengendara motor melengkapi perlengkapan motor selama hujan berikut ini sehingga bisa tetap aman dan lebih nyaman:

  • Helm dengan SNI

Helm ini merupakan perangkat yang melindungi bagian kepala pengendara motor yang sangat beresiko jika terjadi kecelakaan. Untuk bisa memberikan perlindungan secara maksimal, ada baiknya jika memilih helm yang memiliki standar SNI sehingga kualitasnya terjamin mengingat 80% kematian dari kecelakaan motor adalah karena helm tidak memenuhi syarat atau justru tidak mengenakan helm sama sekali.

  • Sarung tangan

Sarung tangan yang Anda pilih tidak harus yang mahal, namun asalkan berkualitas. Penggunaan sarung tangan ketika hujan ini sangat disarankan adalah supaya cengkeraman tangan ke karet setang tidak mudah terlepas lantaran basah dan licin.

  • Jas hujan

Jas hujan ini sangat wajib dikenakan selama hujan. Selain bisa melindungi tubuh dari guyuran air, jas hujan ini juga bisa digunakan sebagai penanda untuk pengguna jalan lain atas keberadaan Anda sehingga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan. Itulah mengapa jas hujan yang direkomendasikan adalah jas hujan yang berwarna cerah.

Baca Juga: PERLENGKAPAN MOTOR YANG WAJIB DIBAWA PADA SAAT TOURING

  • Sepatu

Agar bisa selalu aman meski diguyur air hujan, maka Anda disarankan untuk bisa memakai sepatu. Apabila memungkinkan, sepatu boot yang khusus dipakai para pengendara adalah pilihan yang amat baik. Sepatu boot direkomendasikan agar supaya kaki lebih leluasa dalam memijak lintasan dan juga memindah gigi transmisi.

  • Busi dan cadangan bohlam lampu

Motor mogok ketika hujan merupakan persoalan yang sangat umum terjadi. Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor busi yang basah sehingga ada baiknya Anda memiliki busi cadangan. Selain membawa busi, Anda juga disarankan membawa bohlam lampu yang khusus, terutama untuk lampu utama sehingga jika lampu bermasalah bisa langsung diganti.

Jika memungkinkan, ada baiknya juga untuk membawa peralatan servis ringan sehingga bisa sewaktu-waktu memperbaiki jika memang ada sedikit kerusakan selama di perjalanan. Dengan perlengkapan motor yang lengkap, maka Anda bisa lebih lega dan aman selama berkendara baik jarak dekat maupun jauh.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *