Mudahnya Merawat Motor Sendiri di Rumah

Penggunaan motor setiap hari pastinya mengharuskan kita untuk melakukan perawatan juga pada motor kita. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan service. Maka dari itu kita harus tahu beberapa cara merawat motor sendiri yang pastinya akan sangat membantu sekali. Merawat sendiri di rumah pastinya merupakan pilihan yang baik karena akan menghemat biaya bengkel yang biasanya cukup besar sekali, perawatan ini dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menggunakan pengetahuan kita mengenai cara merawatnya.

Jika Anda akan merawat sendiri di rumah maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pastinya. Berikut ini adalah beberapa tips sebelum melakukan perawatan antara lain:

  1. Pastikan paham perlengkapan apa saja yang dibutuhkan dalam perawatan motor ini, karena ada berbagai perlengkapan yang pastinya akan membantu dalam perawatan motor ini.
  2. Pahami apa saja bahan yang diperlukan dalam perawatan ini, biasanya dalam perawatan bulanan ini kita memerlukan kebutuhan akan oli dan juga perawatan untuk rem yang akan membuat kita lebih mudah dalam membuat motor ini terasa lebih nyaman.
  3. Pahami bagian-bagian motor, karena jika kita tidak paham dengan bagian motor ini akan membuat kita tidak akan nyaman pastinya. Kebanyakan memang bagian motor yang perlu diketahui adalah bagian tangki oli dan juga bagian rem karena ini yang sering dilakukan penggantian.

Perawatan pada motor yang berusia pastinya akan berbeda lagi karena mereka kebanyakan membutuhkan oli dan juga bahan perawatan yang khusus. Merawat motor memang sebenarnya dianjurkan dilakukan di bengkel. Namun jika harus memilih beberapa orang pastinya akan memilih di rumah karena lebih hemat.

Baca Juga: CARA MERAWAT MOTOR TUA YANG PATUT DITIRU

Untuk Anda yang akan melakukan perawatan di rumah ini maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Hal yang sederhana bisa kita lakukan adalah dengan mengencangkan rantai motor dimana pengencangan bisa dilakukan 20-30 cm.
  • Kedua kita bisa melakukan pengecekan pada tekanan ban motor kita, hal ini dilakukan agar ban motor tetap awet dan tidak mudah bocor.
  • Ketiga, kita bisa melakukan penggantian oli mesin yang tentu saja sangat penting sekali dan akan membuat motor ini jadi bisa terpenuhi juga kebutuhan berkendaranya.
  • Periksa aki motor, karena ini juga yang sering mengalami masalah dan akan membuat kita tidak bisa menyalakan lampu motor.

Jika sudah melakukan pengecekan dengan lengkap ini pastikan bahwa berkendara ini merupakan pilihan yang baik juga. Merawat motor ini memang penting sekali dan akan menjadikan kita lebih mudah pastinya. Jika merawat sendiri, maka pastikan juga beberapa bulan sekali untuk dibawa ke bengkel juga agar perawatan lebih terasa lengkap. Pastikan juga sebelum melakukan perawatan ini membeli bahan perawatan seperti oli.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *