Motor Matic dan Keunggulannya

Saat ini, nampaknya motor matic sedang menjadi primadona dikalangan penyuka sepeda motor. Dibandingkan dengan motor Bebek, motor matic memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Beberapa keunggulan itu diantaranya adalah :

  • Sangat mudah dikendarai

Hal ini disebabkan karena motor matic hanya tinggal memutar gas saja, maka motor sudah berjalan. Tidak perlu repot – repot memasukkan gigi terlebih dahulu, ataupun menekan tuas kopling yang tentu saja cukup merepotkan dan juga memakan waktu.

  • Banyak Spare part dan juga variasi yang dengan mudah diperoleh

Tidak perlu khawatir dengan ketersediaan spare part yang dibutuhkan motor matic. Saat ini, spare part untuk motor matic, lengkap dengan pilihan part variasi untuk menunjang kebutuhan motor matic anda sudah sangat mudah diperoleh di pasaran.

  • Bentuk yang simple

Bentuk motor yang simple, serta memiliki desain yang juga menarik membuat motor matic menjadi salah satu jenis motor yang dicari.

Baca Juga : REFERENSI HARGA VESPA TERBARU

  • Nyaman untuk dikendarai

Motor matic menawarkan kenyamanan lebih dalam berkendara, seperi pada bagian dashboard dan juga pijakan kaki pengendara yang nyaman dan luas, serta berbagai macam fasilitas penunjang dari motor matic yang sangat memberikan kenyamanan bagi setiap pengendaranya.

  • Kapasitas mesin yang bervariasi

Apabila anda menyukai besaran kapasitas mesin, maka motor matic bisa menjadi pilihan anda, karena memiliki kapasitas mesin yang bervariasi, mulai dari 110 cc, hingga 150 CC bahkan ada juga yang memiliki kapasitas mesin hingga 400 CC.

Selain keunggulan, motor matic juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan itu adalah :

  • Cenderung lebih boros dalam penggunaan bahan bakar

Motor matic merupakan salah satu jenis kendaraan yang menyedot bahan bakar lebih banyak. Meskipun proses pembakaran sudah lebih efisien, namun apabila dibandingkan dengan motor bebek biasa, motor matic cenderung lebih boros dan lebih banyak penggunaan bahan bakarnya dibandingkan motor bebek.

  • Service motor yang cukup repot, karena harus membuka dek motor

Ketika akan melakukan service motor matic cukup merepotkan, karena harus membuka dan juga membongkar dek motor terlebih dahulu. Hal ini agak merepotkan, dan cukup menguras waktu. Namun demikian, proses servis tentu saja tidak repot, dan tidak membutuhkan teknik – teknik khusus.

  • Performa motor matic tidak sebaik motor bebek atau motor yang menggunakan gigi

Performa motor matic, terutama dari segi akselarasi, masih kurang baik dibandingkan dengan motor gigi. Meskipun demikian, ternyata tenaga motor matic di putaran atas cukup tangguh dan bertenaga. Namun demikian, start awal pada motor matic, terutama yang masih standar, tidak telalu baik dibandingkan dengan motor bebek
Itulah beberapa keunggulan dan kekurangan motor matic dibandingkan dengan motor bebek. Maka perhatikan hal-hal tersebut terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk membeli motor matic.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *