Home Tips dan Trik Motor Chopper, Modifikasi Ekstrem yang Memiliki Banyak Penggemar

Motor Chopper, Modifikasi Ekstrem yang Memiliki Banyak Penggemar

by Rhonda Olson
Motor Chopper, Modifikasi Ekstrem yang Memiliki Banyak Penggemar

Bagi Anda yang seorang pecinta otomotif sejati tentunya sudah tidak asing lagi jika membicarakan mengenai modifikasi motor. Jika Anda tahu, banyak sekali aliran modifikasi motor yang bisa Anda jumpai, mulai dari yang sederhana hingga yang sudah begitu ekstrem dalam memodifikasi kendaraannya. Salah satu model modifikasi yang cukup menarik perhatian adalah motor chopper.

Motor Chopper, Modifikasi Ekstrem yang Memiliki Banyak Penggemar

Sejarah Chopper

Pertama kali istilah chopper ini muncul di Amerika pada tahun 1960-an yaitu pada film Easy Rider. Pada film ini terdapat dua motor Harley Davidson yang dimodifikasi chopper. Banyak modifikasi motor chopper yang dilakukan yaitu mulai dari perubahan yang diberikan pada tangki, jok, spatbor, sampai pada rangka sasis motor. Pemotongan rangka sasis inilah kemudian muncul istilah chopper di masyarakat.

Model Modifikasi Chopper

Umumnya modifikasi chopper dapat Anda lihat dari bentuk sudut kemudi yang menjulur ke bagian depan. Kemudian pada desain tangki bagan bakarnya dibuat minimalis. Untuk roda bagian belakang motor dibuat dengan ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan ban depan. Suspensi belakang yang digunakan adalah rigid serta pada bagian jok lebih memilih menggunakan single seat. Tak hanya desain, performa motor ini juga ditingkatkan.

Pada footrest motor ia diletakkan pada bagian paling depan dan lampu yang digunakan untuk menerangi jalan saat malam hari dibuat dengan ukuran yang cukup besar. Pada warna motor chopper, kebanyakan pecintanya memilih warna-warna yang jarang digunakan pabrikan motor pada umumnya. Warna-warna favorit untuk motor-motor modifikasi ini adalah shiny metallic, metal flake, flat black, sampai glamours glitter.

Ragam Aliran Modifikiasi Chopper di Berbagai Negara

Tak hanya mewabah di Amerika, ternyata modifikasi motor chopper ini juga telah menyebar ke banyak negara seperti di Eropa. Tak hanya sekedar modifikasi, bahkan di negara-negara lain ini terdapat banyak aliran modifikasi khusus chopper diantaranya ada Scandinavian Chopper dimana ia melakukan modifikasi pada beberapa motor yakni Harley Davidson, BSA, BWM.

Aliran yang satu ini memiliki ciri khas pada model rangka yaitu adanya lengan ayun dengan springer. Di Jepang juga muncul aliran modifikasi yaitu Jap’s Chopper yang selain juga memodifikasi motor asli Jepang seperti Yamaha S650 dan Honda CB Silver Hawk 500. Keunikannya terdapat pada bagian rangka belakang dimana pecinta Chopper menambahkan swing arm dan sufur rake yang pendek merapat seperti motor cruiser Jepang pada umumnya.

Cara Modifikasi

Baca Juga:  Review dan Harga Motor Yamaha Force 155 Terbaru 2018

Yang terkenal dari modifikasi ini adalah dengan melakukan pemotongan rangka. Hingga perkembangan dunia modifikasi, kini tak hanya Harley yang diubah rangkanya tetapi banyak motor jenis lain. Beragam kreasi dari tangan kreatif kini bisa dengan mudah Anda temukan. Salah satu cara modifikasi yang bisa Anda terapkan untuk motor chopper adalah dari Rolling Chassis. Dimana modifikasi dilakukan pada rangkanya yaitu seperti penambahan setang, jok, kaki-kaki, tangki bensin, hingga ban motor. Dengan cara modifikasi ini, Anda bisa membeli beragam perlengkapannya langsung dari bengkel.

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More