Motor Antik Yang Klasik, Banyak Diburu Kolektor

Bagi Anda para pecinta motor antik yang klasik tentu memahami mengapa sebuah motor jika semakin antik dan klasik harganya semaikin tinggi. Walaupun tua, tampilan motor yang akan kita bahas dalam artikel ini terlihat begitu memikat, itu sebabnya mengapa banyak kolektro yang memburu motor-motor tersebut.

Beberapa motor yang akan kita bahas masuk ke dalam jenis motor legendaris, jadi bisa Anda berapa nilai investasi yang di dapat jika memiliki motor ini. Penasaran motor apa saja? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Harley Davidson Strap Tank

Motor ini merupakan nenek moyangnya moge Harley yang kita kenal sekarang ini. Motor Strap Tank diproduksi pada tahun 1907. Pada tahun 1890 rancangannya sudah diuji oleh William S Harley dan Arthur Davidson. Desain dan tampilan motor klasik ini unik, seperti sepda kumbang. Jika dirupiahkan harga sepeda motor ini senilai kurang lebih 12 miliar rupiah.

Winchester

Motor klasik dan antik berikutnya adalah Winchester, diproduksi tahun 1910. Pada tahun 2015 yang lalu ada dua buah Winchester yang dilelang. Dan diluar dugaan, harganya sungguh fantasitis yaitu 16,9 miliar rupiah. Keistimewaan motor ini selain dari segi desainnya juga mesin yang digunakan yaitu mesin Marsh Metz yang bisa menghasilkan tenaga kuda maksimal hingga 6 horse power dan roda penggerak di bagian depan dan belakangnya menggunakan belt drive.

Jika kehabisan bahan bakar, masih bisa digunakan dengan menggerakan pedal seperti sepedah.

Norton

Norton adalah motor antik produksi negara Inggris. Awalnya motor ini diproduksi untuk kebutuhan militer. Performa motor ini tidak diragukan lagi bahkan bisa digunakan di jalanan yang kondisinya berat. Kemudian motor ini beralih fungsi digunakan untuk kebutuhan balap. Spesifikasi mesinnya 500cc menghasilkan performa yang luar biasa. Pada tahun 1952 motor ini digunakan untuk kebutuhan pemerintah Indonesia namun jumlahnya terbatas. Dan kalaupun ada harganya tentu sangat mahal.

Honda CB

Motor klasik berikutnya adalah Honda CB yang retro. Motor ini memiliki keunikan tersendiri khususnya dari segi desain, lampu , spartbor belakang terbuat dari plat kaleng dsb. Motor ini dikeluarkan ke pasaran sebanyak 4 varian, tepatnya pada tahun 1971. Perbedaannya bisa dilihat dari jenis mesinnya, yaitu: CB 100cc, 125cc, 175cc dan 200cc.

Pada tahun 1981 penjualan Honda CB di Indonesia semakin meningkat, yaitu mencapai 600 unit. Keberhasilan penjualan motor pada waktu itu dikarenkan harganya terbilang murah dan perawatannya mudah. Sekarang sudah banyak penggemar Honda CB yang tergabung dalam komunitas motor antik yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Demikian informasi mengenai motor antik dan klasik yang banyak diburu kolektor, semoga bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *