Modifikasi Motor Unik

Modifikasi motor dilakukan agar membuat tampilan motor menjadi beda. Selain merubah tampilan, ternyata beberapa orang melakukan modifikasi untuk merubah fungsi kendaraan roda dua tersebut. Tidak hanya menarik, beberapa modifikasi ini malah membuat motor menjadi terlihat unik. Berikut beberapa modifikasi motor unik yang dilakukan masyarakat dunia:

  • Modifikasi motor menjadi motor pompa Air

Berawal dari kekeringan yang dialami warga India. Para petani India yang tidak memiliki biaya untuk membeli pompa air berfikir kreatif untuk memompa air dari saluran irigasi dengan menggunakan motor. Mesin motor sukses menggantikan fungsi dynamo dengan cara melepas ban belakang serta karet yang disambungkan kea lat penyedot air. Agar stabil, motor pun diberi pemberat.

  • Motor yang di modifikasi menjadi traktor

Masih seputar pertanian, salah seorang petani yang juga menggemari motor berhasil merubah motor menjadi traktor untuk membajak sawah. Bagian motor yang dimodifikasi adalah bagian buritannya. Ban aslinya dilepaskan dan digantikan dengan ban tapak besar milik traktor. Selain itu alat bajak pun dipasang pada bagian belakang dengan menambahkan beberapa besi untuk rangkanya. Yang menarik, traktor ini memiliki sifat plug and play, yang bisa dilepas kemudian dipasang kembali dengan mudah. Sehingga fungsi utama motor tidak hilang.

Baca Juga:3 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MODIF MOTOR

  • Motor Anti Banjir

Genangan air saat musim hujan memang kerap menjadi musuh bagi para pengendara motor. Tidak jarang motor mogok ketika melewati genangan air karena busi atau knalpot kemasukan air. Untuk mengurangi resiko tersebut, seorang warga India menggunakan karet ban dalam bekas untuk membungkus knalpot. Karet itu juga berfungsi membuat lubang gas buang knalpot terhindar dari genangan air. Modifikasi ini nampaknya cocok juga digunakan di Indonesia yang rawan akan kebanjiran.

  • Motor Toak Muffler

Ini adalah modifikasi paling unik. Banyak para penggendara motor yang mengganti knalpot standar mereka dengan knalpot racing. Alasanya adalah untuk membuat suara motor terdengar lebih nyaring sehingga dapat menarik perhatian banyak orang. Yang unik adalah, salah satu penggendara menambahkan komponen semacam toak untuk disambungkan pada knalpot motornya. Hati-hati yah dengan suaranya, karena dapat mengganggu banyak orang.

  • Motor angkut

Masih di India, seorang penggendara motor memodifikasi motornya menjadi motor pengangkut seperti motor buatan Tossa di Indonesia. Pengendara ini sukses merubah motor roda dua menjadi motor roda tiga dengan menambahkan bak terbuka pada bagian belakang motornya. Hasilnya, motor ini memiliki fungsi yang sama dengan mobil bak terbuka yang dapat mengangkut barang-barang besar.

  • Motor dengan 7 kursi penumpang

Umunya, motor hanya dapat mengangkut 2 orang saja. Tapi tidak berlaku untuk seorang pengendara di India ini. Dia mampu memodifikasi motor unik sehingga mampu mengangkut 7 penumpang sekaligus. Tetapi, butuh kemampuan khusus untuk menyeimbangkan motor agar tetap melaju tanpa oleng di jalanan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *