Home Tips dan Trik Modifikasi Motor Chopper Ala Presiden Jokowi

Modifikasi Motor Chopper Ala Presiden Jokowi

by Rhonda Olson
Modifikasi Motor Chopper Ala Presiden Jokowi

Menurut pernyataan Presiden Jokowi, beliau sengaja membeli motor chopper untuk meningkatkan brand value dari motor-motor modifikasi tanah air. Beliau juga menyatakan ketertarikannya saat pertama kali melihat motor kustom yang diberi nama chopperland itu. Jenis motornya sendiri dibuat dari Royal Einfield Bullet 350. Perlu diketahui, saat lahir menjadi chopper modifikasi, bagian persneling akan berada di tuas kiri, pedal kaki kiri dibuat kopling, sementara pedal kanan untuk rem dan tidak ada rem depan. Nah, ternyata proses modifikasi ini tidak bisa dianggap remeh atau dilakukan sembarangan. Apa saja yang perlu diperhatikan? Simak penjelasannya berikut.

Modifikasi Motor Chopper Ala Presiden Jokowi

Rangka Motor

Dalam modifikasi motor chopper ini yang pasti dilakukan adalah pemotongan rangka. Rangka motor bahan tidak akan bisa digunakan sepenuhnya. Anda perlu membeli rangka khusus yang dijual di bengkel-bengkel tertentu yang menyediakan paketan rangka ini. Atau jika memungkinkan, merancang rangka dari nol bisa dicoba meski proses pengerjaannya akan membutuhkan waktu lebih lama. Hal yang harus diperhatikan adalah keseimbangan. Biasanya akan dilakukan pengetesan dengan menaikkan kaki kanan di tangki kaki kiri jok. Jika tidak jatuh atau goyang, maknanya sudah seimbang.

Motor Bahan

Untuk memodifikasi motor chopper, kabarnya tidak harus menggunakan motor mahal. Jenis Honda GL Series malah lebih sering digunakan. Tak hanya itu saja, model seperti Thunder 250, Megapro lama, motor Tiger bekas, hingga Yamaha Scorpio pun juga bisa digunakan. Hanya saja jika memilih menggunakan motor-motor ini, yang dipakai tentu hanya mesinnya saja. Keseluruhan rangkanya menggunakan bahan lain.

Dana

Dana adalah faktor yang sangat penting. Jika bisa, jangan terburu-buru untuk memodifikasi motor apabila uang yang Anda siapkan belum mencukupi. Ada baiknya menabung lebih lama untuk hasil yang maksimal. Bagaimanapun tentu Anda menginginkan modifikasi yang nyaman digunakan. Jika modifikasi terlalu dipaksakan dengan ala kadarnya, justru akan membuat hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi.

Modifikator/Builder

Baca Juga:  Cara Mengecek Mesin Motor Bekas Dengan Benar

Terakhir adalah menentukan sang modifikator atau builder. Ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu terkait modifikator yang kompeten dan dapat dipercaya. Anda bisa mendatanginya satu per satu dan berkonsultasi mengenai modifikasi yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda bisa secara langsung membandingkannya. Selain itu, Anda juga menjadi tahu apa saja yang dibutuhkan dalam modifikasi motor Anda, dan perkiraan dana yang dikeluarkan. Di zaman sekarang ini, mendapatkan modifikator dengan reputasi bagus sudah tidak sulit lagi.

Hal yang menarik dari modifikasi chopper sendiri sebenarnya karena kesederhanaan dan minimalis yang ditawarkan. Seiring berkembangnya tren, muncul banyak modifikator yang menawarkan modifikasi yang menarik. Aliran modifikasi klasik adalah salah satu unsur yang akan terus melekat di lingkungan builder. Sementara kerumitan yang paling sering dihadapi adalah terletak pada rangka. Selain harus membuat sendiri rangkanya dari pipa seamless yang menjadi cikal bakal bentuk chopper, rangka tersebut harus dipastikan seimbang ketika dibawa jalan.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More