Modifikasi Motor Agar Lebih Cepat Dan Kencang

Motor saat banyak dijadikan pilihan masyarakat sebagai sarana transportasi dalam aktivitasnya sehari-hari. Selain praktis dan mudah digunakan, harganya lebih murah dibandingkan dengan mobil. Bagi sebagian orang motor merupakan gaya hidup yang membutuhkan penampilan menarik dan sesuai dengan identitas pemiliknya. Untuk mewujudkan keinginan tersebut salah satu solusinya adalah dengan modifiakasi motor.

Dengan modifikasi, bentuk motor yang biasa-biasa saja menjadi unik sesuai dengan keinginan pemiliknya. Modifikasi saat ini sedang ramai dibahas oleh para penggemar otomotif, khususnya pecinta motor. Banyak anak-anak muda hingga orang dewasa yang melakukan modifikasi untuk mendapatkan tampilan motornya lain dari yang lain. beragam inovasi hadir dalam dunia modif motor yang merubah penampilan motor menjadi luar biasa.

Bahkan sudah banyak para modifikator handal di tanah air kita yang berani memberikan sentuhan baru dengan inovasi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Misalnya perubahan di bagian body motor, suspense motor bahkan ada juga yang berani merubah di bagian mesinnya agar memiliki kecepatan yang lebih tinggi.

Namun memodifikasi mesin motor bukanlah hal yang mudah, karena jika salah perhitungan malah membuat kinerja motor memburuk. Berikut ini kami akan memberikan tips modifikasi motor agar memiliki kecepatan yang tinggi dan kencang.

Mengurangi Berat Piston

Tips pertama modif motor agar lebih kencang adalah dengan mengurangi berat piston, karena dengan beban yang terlalu berat membuat mesin bekerja lebih ekstra. Dengan mengurangi berat piston kerja mesin menjadi lebih ringan sehingga lajunya semakin kencang.

Mengurangi Volume Ruang Bakar

Tips berikutnya adalah mengurangi volume bahan bakar agar motor memiliki kompresi yang tinggi sehingga tenaga yang dihasilkan lebih cepat. Cara tersebut bisa dilakukan dengan cara menggerinda atau membubut silinder.

Memperluas Lubang Pembilasan

cara ketiga agar motor bisa lebih cepat adalah memperluas lubang pembilasan karena campuran udara dan gas yang masuk ke ruang pembakaran bisa mempengaruhi tenaga motor. Jadi semakin banyak gas yang masuk maka semakin baik pula kepadatan gas sehingga kompresi menjadi lebih meningkat.

Menambah Tenaga Listrik

tips berikutnya adalah dengan menambah tenaga listrik. Biasanya tenaga listrik pada motor standar sebesar 6 volt.  Agar tenaga motor bertambah, Anda bisa mengubahnya enjadi 12 volt. Selain lebih cepat, cara ini bisa membuat lampu motor menyala lebih terang.

Ganti Roda Gigi

cara terakhir memodifikasi motor bagian mesin agar lebih cepat adalah dengan mengganti ukuran roda gigi belakang yang lebih ringan dan kecil sehingga kecepatan motor menjadi lebih seimbang. mengganti roda gigi juga akan mempengaruhi tenaga yang dihasilkan. namun mengganti roda gigi tiak boleh sembarangan jika salah, bisa mempengaruhi tenaga dan kecepatan yang dihasilkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *