Modif Motor Honda Bebek

Modif motor Honda bebek sampai saat ini masih diminati, hal tersebut bisa dilihat dengan semakin banyak bermunculan komunitas motor tua dibeberapa kota di Indonesia, bukan hanya dikota-kota besar namun di beberapa daerah.

Motor tua antik sekarang  banyak dicari oleh penggemarnya. Motor tua bisa disulap menjadi motor dengan tampilan yang khren, unik yang tidak kalah dengan keluaran motor terbaru yaitu dengan cara modifikasi.

Modifikasi Motor Bebek

Modifikasi bisa menjadi solusi bukan hanya membuat tampilan motor menjadi lebih unik namun bisa membuat performa motor menjadi lebih baik. Jenis motor tua yang banyak penggemarnya dan berpeluang untuk dimodif adalah jenis Honda Bebek. Berikut adalah cara modifikasi Honda bebek agar terlihat lebih trandy.

  • Bagian Camsaft

Camsaft atau poros katup dilubangi dengan ukuran lubang sesuai dengan besarnya roda. Jika lubang tempat bantalan sudah terpasang, pasang juga bagian pelindung. Sebaiknya pilih yang bahannya tembaga. Jika tidak, gunakan oil trearmen fungsinya untuk melindungi dari aus dan kerusakan lainnya. Peralatan-peralatan untuk melubangi poros katup, oil trearmen bisa Anda dapatkan di toko penjual onderdir atau di toko yang menjual peralatan kendaraan.

  • Pengapian dan Bahan Bakar

Setel bagian pengapian dan bahan bakar dengan baik. Jika disetel dengan sempurna bisa menghasilkan performa dan kecepatan yang maksimal.

Baca Juga: JENIS-JENIS AKSESORIS MOTOR YANG PENTING DAN BANYAK DICARI

  • Mengurangi Beban Mesin

Mengurangi beban mesin, caranya bisa dengan mengebor bagian poros engkol di bagian lingkaran penyeimbang. Poros engkol atau cranksharft  adalah komponen motor yang berat. Melubangi komponen ini menggunakan bor, dan buat tiga buah lubang pada setiap lingkaran.Agar mesin tidak terganggu usahakan buat  kembali mesin motor tetap seimbang.

  • Kalbulator dan Boots Bottle

Ganti bagian kalbulator motor bisa menggunakan kalburator Honda 90Z atau kalbulator Honda bebek 90cc. Tambahkan boots bottle di intanke manifold dan di karburatornya. Boots bottle bentuknya silinder, fungsinya agar proses akselerasi bisa lebih cepat.

Modifikasi Motor Sesuai Medan dan Kebutuhan

Modifikasi motor Honda bebek harus disesuaikan dengan medan atau kondisi jalan. Misalnya jika medannya keras bisa menggabungkan bagian gear depan yang ukurannya 12. Sedangkan untuk bagian belakang bisa menggunakan yang ukurannya 45. Dengan menggabungkan gear tersebut diharapkan dapat menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan mengorbankan sedikit kecepatan.

Sedangkan jika motor digunakan di jalanan biasa bisa menggabungkan gear yang ukurannya 13 di bagian depan dan bagian belakangnya bisa gunakan ukuran 32. Gabungan ini bisa menjadi tarikan yang lamban namun giginya bisa menghasilkan kecepatan yang maksimal.

Dari pembahasan tersebut diharapkan dapat dijadikan patokan dan gambaran bagian-bagian modif motor bebek, yaitu : bagian poros katup, crankshaff yang dikurangi bebannya, penyuplayan bahan bakar dan tambahan pada bagian boots bottle dan mereduksi kekuatan atau tenaga motor agar lebih sempurna. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *