Home Auto Menyiasati Aturan Jam Ganjil Genap

Menyiasati Aturan Jam Ganjil Genap

by Caswitin
jam ganjil genap

DKI Jakarta merupakan Ibu Kota Negara Indonesia yang mejadi pusat pemerintahan, pusat perekonomian, pusat perdagangan, dan sebagainya. Jakarta sampai saat ini memiliki jumlah penduduk yang sangat padat dan terus meningkat dapat menyebabkan kemacetan yang sangat parah. Jakarta menjadi tujuan terbesar masyarakat untuk merantau bekerja karena sektor industri perdagangan dan jasa berpusat di sana. Faktor kemacetan yang adalah adanya pelanggaran peraturan lalu lintas dan pada zaman modern ini dengan mudahnya sesorang membeli kendaraan baru dengan DP rendah sehingga meningkatkan volume kendaraan yang dapat menimbulkan kemacetan. Untuk itu, pemerintah DKI Jakarta menerapkan aturan jam ganjil genap sudah direalisasikan melalui Pergub tentang Perluasan Aturan Pembatasan Kendaraan Bermotor.

Aturan jam ganjil genap jakarta sudah diberlakukan sejak September 2019, yang sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi selama dua hari berturut-turut. Jam berlakunya ganjil genap diterapkan pukul 06.00 sampai 10.00 WIB dan 16.00 sampai 21.00 WIB. Sedangkan, untuk harinya diberlakukan mulai Senin sampai Jumat, kecuali hari libur Nasional. Sistem jam ganjil genap berlaku sembilan jam dalam sehari. Hal tersebut dilakukan, karena pada waktu-waktu tersebut terjadi penumpukan kendaraan di jalan raya. Waktu itulah masyarakat mulai berangkat untuk melaksanakan aktivitas dan pulang berkativitas. Perluasan aturan jam ganjil genap disebabkan kondisi lalu lintas di Jakarta yang sangat tinggi pada jam tersebut.

jam ganjil genap

pemberlakuan ganjil genap

Sebenarnya sebelum ada aturan jam ganjil genap di Jakarta sudah pernah menerapkan aturan 3-in-1 namun tidak efektif, sehingga muncul joki-joki jalanan. Aturan jam ganjil genap diharapkan pemerintah Jakarta sebagai pengurai kemacetan di Jakarta. Jumlah kendaraan yang ada di Jakarta tidak seimbang dengan kondisi jalanan. Sebagai contoh, setiap anggota keluarga sekarang mempunyai kendaraan masing-masing sebagai alat transportasi yang digunakan.

Baca Juga:  4 Jenis Motor Balap уаng Aԁа ԁі Dunia MotoGP

Sebagai catatan aturan jam ganjil genap, tanggal ganjil digunakan bagi kendaraan yang memliki plat berakhiran nomor ganjil dan Tanggal genap digunakan bagi kendaraan yang memliki plat berakhiran nomor genap. Adapun untuk area pengawasan tidak semua ruas jalan di Jakarta, hanya Bundaran Patung Kuda, Bank Indonesia, Sarinah, Hotel Indonesia, Imam Bonjol, Senayan, CSW, Gatot Subroto, dan Mampang. Peraturan jam ganjil genap ini diharapkan dapat memberi solusi dari kemacetan kota Jakarta sehari-hari.

Menyiasati Aturan Jam Ganjil Genap

Untuk kendaraan milik Presiden RI, Wakil Presiden RI, Pejabat Lembaga Tinggi Negara (plat RI beserta pengawal), kendaraan dinas, pemadam kebakaran, mobil ambulans, angkutan umum (plat kuning), angkutan barang, dan sepeda motor (kecuali pada kawasan yang telah diberlakukan larangan, diberlakukan aturan khusus mengenai kendaraan yang diberikan pengecualian pada saat berlakunya aturan jam ganjil genap tersebut. Hal ini berbeda dengan kendaraan pribadi lainnya.

jam ganjil genap

jam ganjil genap

Bagi pengendara yang melanggar peraturan tersebut, akan dikenakan denda tilang sebesar Rp. 500 yang didasarkan pada ketentuan UU nomor 22 tahun 2019 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Nah, bagi anda yang ingin berkendara jangan sampai kena ya, tetap patuhi peraturan lalu lintas yang ada. Untuk menyiasatinya, saya akan memberikan tips bagi anda untuk menghindari sanksi ganjil genap antara lain:

1. Gunakan kendaraan umum dan ojek online, banyak sekali alternatif kendaraan umum yang bisa digunakan di Jakarta. Anda bisa, mulai dari MRT, kereta api, bus hingga transportasi ojek online yang, siap menjemput kamu di rumah.

2. Berangkat kerja lebih pagi, salah satu cara yang paling ampuh bagi anda untuk menghindari aturan jam ganjil genap.

jam ganjil genap jakarta

jam ganjil genap jakarta

3. Menumpang teman yang searah, mempunyai teman yang kebetulan satu arah dengan tempat pekerjaan, anda bisa menumpang kendaraan mereka. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan memperbolehkan teman kamu menumpang di kendaraanmu pada hari berikutnya.

Baca Juga:  Perlengkapan Motor Yang Wajib Di Bawa Ketika Bepergian

Menyiasati Aturan Jam Ganjil Genap

4. Gunakan sepeda motor, sepeda motor tidak diberlakukan pembatasan jam ganjil genap. Selain lebih cepat sampainya, kamu juga bisa lebih ngirit ongkos lho.

5. Bersepeda, bisa menjadi pilihan anda untuk berangkat ke kantor. Selain sehat, jam ganjil genap juga tidak berpengaruh buat anda. Tentunya, denagn berangka lebih pagi supaya tidak terlambat sampai ke kantor.

Nah, itu tips menyiasati aturan jam ganjil genap di Jakarta. Lengkapi selalu kendaraan anda dengan surat-surta dan tatailah peraturan lalu lintas. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More