Mengganti Lampu Motor Mio Bagian Belakang

Mengganti Lampu Motor Mio Bagian Belakang

Sebenarnya banyak hal  yang berkaitan dengan motor yang bisa anda lakukan sendiri. Semakin banyak hal yang bisa anda lakukan sendiri semakin baik. Jadi kalau terjadi hal yang sifatnya mendadak sementara posisi anda jauh dari bengkel, anda tidak panik dan bisa melakukannya sendiri. Misalnya lampu motor anda mati. Ini hal sederhana yang penting untuk dikuasai. Sebenarnya tidak sulit dan tidak memerlukan keahlian khusus seperti hal – hal yang berkaitan dengan mesin motor. Bagaimana caranya? Jika pada artikel sebelumnya sudah dibahas cara mengganti lampu depan, maka inilah cara mengganti lampu motor mio bagian belakang.

Mengganti Lampu Motor Mio Bagian Belakang

Baca Juga:GANTI LAMPU MOTOR ENGGAK USAH KE BENGKEL

  1. Siapkan alat dan lampu baru yaitu obeng  dan lampu baru baru tentunya
  2. Copotlah baut pengikat lampu motor. Ada 2 buah baut  semuanya. Posisinya ada dibagian bawah lampu disebelah kiri dan kanan.  Gunakan obeng untuk melepasnya.
  3. Buka jok motor anda. Dengan kunci tentunya. Maka akan terlihat tampilan baut pengunci  cover lampu bagian atas dengan sasis bagian belakang. Jumlah bautnya ada 2 buah dengan posisi sebelah kiri dan kanan. Sepert biasa copitlah kedua baut tersebut dengan menggunakan obeng.
  4. Lepas cover penutup lampu motor  bagian atas dengan cara ditarik dulu pelan – pelan ke belakang sedikit kemudian angkat.
  5. Setelah cover dilepas. Maka akan terlihat tampilan rumah lampunya. Disitu terlihat 2 buah baut dengan posisi kiri dan kanan. Untuk melepaskan rumah lampunya maka baut itu harus dicopot atau dilepas. Untuk mencopotnya kembali gunakan obeng.
  6. Setelah semua baut pengikatnya lepas atau copot, maka rumah lampu siap dilepas. Cara melepasnya sangat mudah tapi harus hati – hati. Caranya adalah dengn menarik rumah lampu motor secara perlahan – lahan.
  7. Setelah rumah lampu terlepas dari rangka, maka kerjaan anda semakin mudah. Akan terlihat tampilan dudukan lampu. Nah tugas anda selanjutnya adalah mencopot dudukan lampu dari rumah lampu. Susah? Tidak, justru sangat mudah. Anda tidak memerlukan alat apapun. Caranya gimana? Caranya adalah dengan tangan kiri memegang rumah lampu dan tangan kanan memegang dudukan lampu. Lalu tekan dudukan lampu kemudian putar ke kanan. Kemudian lepaskan  dudukan lampunya.
  8. Nah tugas anda selanjutnya adalah melepaskan lampu motor dari dudukannya. Sulit? Tidak juga. Caranya sangat mudah dan kembali lagi tidak memerlukan alat. Bagaimana caranya? Caranya adalah tekan bagian bawah lampu sampai titik tonjolannya mentok lalu putar ke kiri. Dengan begitu lampu akan terlepas dengan sendirinya.
  9. Sekarang tinggal pasang lampu dengan yang baru. Caranya sangat mudah dan tidak memerlukan alat. Tekan lampu ke bawah dan putar kekanan. Selesai.
  10. Pasangkan lagi semua pada posisi awal.
  11. Selesai. Mudah bukan?
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *