Mengetahui Segala Selak Beluk Onderdil Motor

Bagi para pengendara sepeda motor, sudah seharusnya kita mengetahui segala selak beluk yang terdapat pada motor Anda. Termasuk segala macam fungsi onderdil motor, sehingga Anda bisa lebih sigap dan siap dalam merawat motor Anda. Karena dengan mengetahui segala macam spare part pada motor Anda, Anda bisa lebih paham mengenai segala macam kerusakan atau ketika kinerja motor Anda menjadi lebih lamban.

Karena itulah, dalam postingan kami kali ini, kami akan menulis segala macam onderdil motor yang terdapat pada sebuah kendaraan sepeda motor Anda. Yang telah kami rangkum di bawah ini sebagai berikut.

  • Aki Motor

Aki pada motor bisa dibilang jantungnya sebuah sepeda motor. Karena Aki termasuk onderdil motor yang sangat penting fungsinya sebagai penyalur daya dan pemberi tenaga cadangan untuk agar mesin agar kelistrikan motor maksimal.  Untuk itu, Anda harus rajin-rajin mengecek aki Anda, secara berkala, dan konsisten. Agar maksimal motor Anda tetap berjalan seperti biasanya. Jika Aki anda sudah mulai sedikit agar problem, lebih baik anda segera mengecek atau mengganti aki anda yang  baru.  

  • Ban

Tentu saja sepasang ban depan maupun belakang. Harus juga jadi titik perhatian Anda. Karena kalau ban anda sudah buruk dan jelek kinerjanya, itu juga akan bisa mencelakakan Anda di jalan. Karena sebagai tumpuan motor Anda, ban motor harus mempunyai angin yang cukup, juga lapisan ban luar dan dalam yang baik. Jika ban Anda sudah buruk kualitasnya segeralah ganti yang lebih bagus dan berkualitas. Seperti ban tubbles, yang bisa bertahan kualitasnya sampai dua tahun atau tiga tahun, tergantung pemakaian dan perawatan Anda.  

  • Oli Pelumas

Performa sebuah motor juga berpengaruh pada seberapa maksimalnya anda mengganti oli pada motor anda. Semakin anda mengganti oli secara berkala, semisal dua bulan sekali,  performa motor anda juga akan terangkat performanya. Karena fungsi oli sebagai pelumas utama pada mesin. Kalau oli Anda sudah kering, hmm anda pasti bisa merasakan motor anda pada tingkatan tidak maksimal. Dan akan mempengaruhi segala kualitas motor Anda. Jadi ceklah oli pelumas anda secara berkala. Maksimal dua bulan sekali. Tergantung pemakaian juga. Jika anda sering berpergian ke luar kota, dengan mengendarai sepeda motor. Berarti anda harus mengganti oli anda, sebulan sekali. Ya tergantung pemakaian.

  • Kaburator

Salah satu komponen onderdil motor yang penting yang juga harus jadi titik perhatian Anda, adalah pada Kaburator motor. Karena kaburator berfungi mentransmisi bahan bakar menjadi lebih baik dan lancar. Untuk itu, anda harus sering-sering merawat dan mengecek kaburator motor Anda, ketika melakukan cek service bulanan di bengkel motor kesayangan Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *