Mengetahui 7 Cara Mencuci Motor Trail dengan Baik dan Tepat

Mengetahui 7 Cara Mencuci Motor Trail dengan Baik dan Tepat

Dalam merawat sebuah motor trail merupakan motor yang sering dikenal dengan motor yang gampang kotor. Apalagi jika anda sering menggunakan kendaraan ini untuk bermain off road, kemungkinan sebagai pengguna kita harus lebih ekstra memberikan perawatan dalam menjaga penampilan dan performa motor termasuk mencucinya. Soalnya dalam merawatnya anda dianjurkan untuk tidak melakukan kesalahan karena berakibat fatal dan meluas.

Mengetahui 7 Cara Mencuci Motor Trail dengan Baik dan Tepat

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda dianjurkan untuk memperlajari beberapa tips yang akan dijabarkan dengan secara detail tentang apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika kita membersihkannya. Oleh karena itu, berikut 7 cara mencuci motor trail dengan baik dan tepat :

  1. Mencuci motor trail yang baik kita dianjurkan untuk menggunakan air mengalir dari selang untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada motor. Dalam melakukan semprotan anda bisa menggunakan tekanan air tinggi agar dengan mudah membersihkan kotoran  yang melekat pada motor. Namun, efek buruk menggunakan tekanan air tinggi dapat menekan seal dan komponen elektrik yang tetu saja berpotensi merusak motor. Oleh karena itu, lebih baik anda gunakan tekanan air sedang.
  2. Campurkan deterjen yang bersifat netral, sebaiknya gunakan ember dalam mencampurkan antara deterjen dengan air untuk membersihkan motor. Jika memiliki noda bekas oli atau grease yang menempel bisa menggunakan degreaser.
  3. Setelah tu, bilas mtoor dengan air bersih untuk membersihkan deterjen yang menempel di bagian motor. Meskipun dapat digunakan untuk membantu membersihkan motor. Tapi, kenyataannya deterjen yang masih menempel dapat merusak bagian tertentu dalam motor jika tidak dibersihkan dengan tuntas.
  4. Gunakan kain yang lembut untuk memeringkan hasil pembilasan deterjen tadi. Sering orang menggunakan kanebo untuk mengeringkan bekas air dan deterjen yang menyatu. Hal ini  dilakukan untuk menghindari air mongering secara sendirinya yang mebuat kerusakan pada permukaan motor yang dilapisi cat.
  5. Hidupkan mesin motor dan biarkan dalam kondisi ideal selama beberapa menit. Suhu panas dapat membantu mengeringkan banyak area yang sulit dijangkau oleh tangan terutama dibagian mesin itu sendiri.
  6. Mengendarai motor dalam kecepatan rendah dan melakukan gerekan pengereman beberapa kali untuk membantu bagian rem agar kering dan kembali pada kondisi yang memiliki kondisi operasional normal
  7. Selalu inget dengan hal sepela yang sering dilakukan agar kondisi rantai tetap terjaga dengan baik adalah melumasi rantai untuk mencegah karat.

Nah, tadi diatas merupakan 7 cara mencuci motor trail dengan baik dan tepat. Semoga dapat memberikan inspirasi dan menanamkan nilai-nilai kebersihan dalam diri individu. Selain itu, dapat dijadikan sebagai petunjuk dalam membersihkan motor yang anda miliki.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *