Mengenal Seluk Beluk Modifikasi Motor

Mengenal Seluk Beluk Modifikasi Motor

Anda seorang yang suka dunia otomotif khususnya yang berkaitan dengan motor? Jika iya, anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah modifikasi motor. Walaupun sudah mengetahuinya, tapi apakah anda sudah tahu lebih jauh mengenai hal ini? Ok, terlepas anda sudah paham benar maupun belum, kita akan coba ajak anda untuk mengenal seluk beluk modifikasi motor.

Mengenal  Seluk Beluk Modifikasi Motor

Modifikasi motor adalah mengubah motor. Mengubah disini dalam arti luas, bisa dari kapasitas mesin atau hal – hal yang berkaitan dengan mesin dan pada sisi tampilan motor. Nah, disinilah keasikannya karena dunia modifikasi itu tidak terbatas. Jika anda bertanya apa sih keuntungan dari modifikasi motor? Inilah keuntungannya :

  • Sesuai keinginan

Konsep modifikasi  motor yang memang tidak terbatas memang sangat menggairahkan.  Anda bisa mendapatkan motor sesuai dengan keinginan anda. Anda tinggal punya konsep yang jelas mengenai motor impian anda, kasih ke bengkel modifikator motor. Masalah detail bisa dibicarakan atau didiskusikan dengan mereka. Tugas anda siapkan dana saja.

  • Menyesuaikan dana

Ketika anda ingin mempunyai motor café racer yang asli dari jaman opa oma, entah berapa dana yang harus anda siapkan untuk mendapatkannya. Mending kalau ada di Indonesia, nah kalau harus ambil langsung dari Inggris atau Amerika, pening sudah kepala anda. Walaupun memang bagi sebagian dari anda itu tidak masalah. Nah dengan modifikasi, anda bisa mengubah motor anda sesuai harapan dengan dana yang disesuaikan. Luar biasa bukan?

Secara umum ada tiga hal yang biasa dilakukan dalam modifikasi motor. Apa saja? Ini dia ulasannya :

  • Warna motor

Ini adalah tahapan paling sederhana dalam modifikasi motor, tapi paling gampang terlihat bedanya. Bila seluruh permukaan bodi motor anda yang dirubah warnanya, maka prosesnya cukup memakan waktu. Anda tinggal menentukan konsep dan menyiapkan dana yang diperlukan kemudian kasih ke ahlinya. Untuk lebih optimal anda harus mengurus perubahan warna di STNK dan BPKB.

  • Bodi Motor

Bagian bodi memang termasuk yang paling banyak jadi bagian yang dimodifikasi. Banyak   tampilan motor yang ekstrim berubah karena bagian bodi yang dimodifikasiHarus diperhatikan juga faktor kenyamanan. Jangan sampai motor anda enak dilihat tapi tidak nyaman dikendarai. Hal ini tidak berlaku untuk motor yang khusus untuk kontes. Kenapa? Karena motor kontes biasanya tidak dipakai sehari – hari.

Perubahan bodi juga jangan sampai mengganggu sistem yang sudah baku. Seperti misalnya menghalangi aliran angina ke mesin yang dapat menyebabkan motor cepat panas.

  • Tune up mesin

Nah ini modifikasi motor yang cenderung sifatnya tersembunyi. Baru terlihat bila motor dijalankan.  Biasanya mesin di tune up agar lebih bertenaga.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *