Mengenal  Mesin Motor

Bentuknya tidak terlalu dominan jika dibandingkan dengan bodi motor, tapi perannya sangat penting. Ya, itulah mesin motor. Ini ibarat nyawa bagi motor. Jika ini mati,rusak atau sekedar ber masalah, maka dipastikan anda tidak bisa mengendarai motor saat itu. Minimalnya anda akan merasa kurang nyaman mengendarai motor anda. Atau minimal anda akan mengalami kesusahan lebih dulu untuk menghidupkannya. Merepotkan anda tentunya. Bagian dari motor ini ternyata tidak sesimpel kelihatannya. Banyak yang anda perlu ketahui tentang komponen ini. Untuk itu mari mengenal mesin motor anda.

Pada umumnya mesin motor terbagi 2 yaitu mesin 2 tak dan mesin 4 tak. Meski sama – sama berfungsi sebagai sumber penggerak motor, keduanya tentu saja mempunyai karakter yang berbeda.

  • Mesin 2 tak yaitu mesin yang untuk 1 x usaha diperlukan 1 x putaran crankshaft dan 2 x gerakan piston (turun naik). Komposisinya relatif sederhana yaitu piston, crankcase, membran untuk katup masuk, saluran bilas dan saluran buang.
  • Mesin 4 tak yaitu  mesin yang untuk 1 x usaha diperlukan 2x putaran poros engkol dan 4 gerakan piston (turun naik turun naik). Komponennya tidak sesederhana 2 tak.

 

Mesin motor secara umum baik 2 tak maupun 4 tak mempunyai komponen mesin yang terbagi atas 3 bagian. Ketiganya mempunyai bentuk dan fungsi masing – masing dan saling support tentunya. Satu bagian bermasalah maka kerja mesin menjadi tidak maksimal tentunya.

  • Kepala silinder

Fungsinya adalah menutup lubang silinder pada blok silinder. Kepala silinder juga berfungsi sebagai tempat dudukan busi.  Agar berbobot ringan dengan daya tahan terhadap suhu tinggi dan tidak mudah berkarat, maka kepala silinder tebuat dari campuran alumunium. Pada bagian ini juga  terdapat alur – alur yang berfungsi untuk melepaskan panas mesin. Pendingin istilahnya.

Baca Juga : Ingin Jago Modifikasi Motor ? Ini Skillnya

  • Blok silinder

Fungsinya adalah tempat dimana piston bergerak.  Blok silinder mempunyai 2 komponen yang saling berkaitan dan menunjang fungsi blok silinder secara keseluruhan. Kedua baigan tersebut adalah silinder liner dan blok silinder.

  • Bak engkol

Fungsinya adalah sebagai rumah bagi generator, kopling, gigi transmisi, poros engkol, pompa oli dan penampung oli.  Bak engkol terbuat dari die casting dengan campuran logam.

Karena sangat penting sekali fungsinya maka ada baiknya anda merawat mesin motor anda dengan baik. Selain membuat anda nyaman memakainya, perawatan mesin juga menjaga mesin tidak cepat rusak. Adapun secara umum cara merawat mesin kendaraan roda dua anda adalah sebagai berikut :

  • Ikuti program dealer

Khusus untuk motor baru akan diberikan program service berkala dang anti oli dengan ketentuan berlaku.

  • Service rutin
  • Ganti oli rutin

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *