Mengenal Komponen Rem Cakram yang Harus Anda Ketahui

Mengenal Komponen Rem Cakram yang Harus Anda Ketahui

Untuk membuat agar kendaraan seperti motor berhenti atau agar tidak melaju dan menyebabkan kecelakaan misalnya di turunan, maka dibutuhkan rem. Ada jenis rem cakram (disk brake) dan jenis rem tromol (drum brake). Salah satu yang paling banyak dipergunakan saat ini adalah disk brake yang merupakan rem yang bekerja berdasarkan pada sistem menjepit disk yang dipasangkan di roda kendaraan.

Mengenal Komponen Rem Cakram yang Harus Anda Ketahui

Terdapat 7 komponen yang dipergunakan pada disk brake. Pertama adalah piringan atau disk. Piringan ini memiliki bentuk yang bulat untuk media yang akan bergesekan. Piringan inilah yang akan berputar dan kemudian bergesekan dengan kampas rem. jika dilihat dari desainnya, terdapat 2 jenis piringan rem yaitu:

  • Solid disk yang menggunakan bahan baja solid dengan ketebalan 2 cm dan biasanya untuk mobil.
  • Ventilated disk yang sering dipergunakan pada motor dan memiliki ketebalan yang lebih kecil dibandingkan solid disc.

Kedua adalah brake caliper. Komponen dari rem cakram ini mengubah tekanan hidraulik menjadi energi gerak yang berupa tekanan. Ada 2 jenis kaliper yaitu:

  • Fixed caliper yang mempunyai 2 piston yang bergerak berlawanan ketika memperoleh tekanan hidraulik yang akan menjepit kampas di antara piston.
  • Floating caliper yang merupakan kaliper yang melayang yang bergerak ke kanan dan ke kiri dan hanya memiliki 1 buah piston di salah satu sisinya sehingga ketika piston bergerak otomatis maka kaliper akan bergeser dan menyesuaikan.

Baca Juga:PERIKSA REM CAKRAM ANDA SECARA RUTIN AGAR SELALU TERAWAT DENGAN BAIK

Ketiga adalah piston. Komponen ini memiliki fungsi untuk menekan bagian kampas rem secara merata. Jika dibandingkan dengan piston pada motor, piston rem pada mobil memiliki ukuran diameter yang lebih besar. Keempat adalah piston seal yang terbuat dari bahan karet yang berfungsi untuk mencegah kebocoran minyak rem di bagian caliper. Bagian atau komponen ini juga memiliki fungsi untuk mencegah debu agar tidak masuk ke dalam sistem hodraulik ketika rem sedang bekerja.

Komponen lainnya di rem cakram adalah:

  • Niple bred atau bleed point yang merupakan komponen dengan fungsi untuk membuang kandungan udara yang terdapat di bagian dalam sistem hidraulik rem. Jika udara masuk ke sistem hidraulik maka bisa menyebabkan tenaga pengereman menjadi tidak maksimal dan hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya rem blong.
  • Brake pada atau yang disebut dengan kampas rem. Komponen ini berfungsi sebagai media gesek dan terbuat dari bahan yang keramik, metal dan organik.
  • Caliper brakcet. Komponen yang ada pada disc brake ini memiliki tujuan untuk memegang kaliper rem sehingga bagian tersebut tidak bergerak. Jika pada mobil, bagian kaliper berhubungan dengan steering knucle sedangkan jika pada sepeda motor, breacket ini bertujuan untuk mendukung kaliper sehingga bisa digunakan di piringan. Umumnya, breacket ini memiliki ukuran diameter yang lebih besar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *