Mengenal Jenis Lampu Sepeda Motor Terbaik

Mengenal Jenis Lampu Sepeda Motor Terbaik

Lampu motorheadlamp atau yang biasa disebut dengn lampu motor adalah suku cadang motor paling vital yang harus ada pada motor. Karena lampu motor bisa berguna untuk penerangan jalan saat malam hari dan bisa mengurangi intensitas kecelakaan ketika siang hari.

Mengenal Jenis Lampu Sepeda Motor Terbaik

Semakin berkembangnya dunia otomotif, maka semakin beragam pula lampu motor yang ada saat ini. Beberapa jenis lampu utama sepeda motor seperti lampu pijar tungsten, kemudian lampu halogen, ataupun lampu HID. Tak hanya itu saja, ada juga lampu utama yang sudah berteknologi LED. Untuk mengetahui apa saja jenis lampu utama motor, simak saja ulasannya dibawah ini.

  • Tungsten

Ternyata masih banyak pengendara motor yang berlampu pijar Tungsten disertai kelistrikan AC dan DC. Keutamaan lampu pijar ini adalah lebih efisien dan pengguaan listriknya menjadi lebih hemat. Sementara itu, pemakaian lampu jenis ini juga akan mempengaruhi biaya perawatan dan suku cadang yang lebih murah.

Tetapi untuk kelistrikan AC, ternyata jika menggunakan lampu pijar tungsten ini penerangannya tidak konsisten. Ketika motor jalannya lambat dan gasnya rendah, maka lampunya juga akan meredup sesuai dengan tekanan gas. Jadi, daya penerangan lampu ini belum begitu sempurna bahkan juga rawan rusak.

  • Halogen

Jenis lampu ini adalah pengembangan dari lampu bohlam pijar tungsten. Lampu holagen juga memiliki keutamaan dibandingkan dengan tipe lampu pijar tungsten. Diantaranya filament pada lampu Halogen yang lebih besar disertai dengan tingkat pencahayaan yang lebih tinggi pula. Sementara pemakaian daya listriknya juga cenderung lebih kecil daripada lampu pijar Tungsten.

  • HID

Lampu pijar untuk motor selanjutnya yang pernah populer dimasanya adalah HID. Jenis lampu ini juga menjadi pilihan sebagai lampu standart untuk sepeda motor. Jenis lampu ini juga dikenal sebagai Lampu Xenon. Itu karena jenis lampu ini menggunakan gas xenon dalam pencahayaanya.

Cara kerjanya juga lebih konsisten daripada pencahayaan lampu tungsten. Karena HID adalah penyempurnaan dari lampu pijar lainnya. Selain itu, daya terang yang dimilikinya juga lebih baik daripada lainnya. Disebabkan tanpa menggunakan filament. Hasil penerangannya asalnya dari gas xenon dengan tingkat penerangan lampunya mencapai 2800 serta 3000 lumen pada daya 35 watt.

  • LED

Lampu motor yang terakhir adalah LED. Jenis lampu ini menjadi suku cadang OEM kendaraan sepeda motor. Keutamaan lampu motor ini diantaranya adalah bisa menghemat energy serta lebih ramah lingkungan. Bentuk lampu ini sangat kecil namun tingkat penerangannya cukup tinggi. Panas yang dihasilkannya juga tidak berlebihan dan tahan lama meskipun terkena goncangan yang disebabkan oleh sepeda motor yang melalui jalan bergelombang.

Itulah beberapa pilihan lampu motor yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *