Mengenal Handguard

Mengenal Handguard

Aksesoris motor yang satu ini termasuk jenis baru, walaupun memang tidak terlalu baru. Tapi setidaknya pengguna handguard masih jauh lebih sedikit dibanding yang belum menggunakan. Tapi bukan berarti juga aksesoris ini tidak berguna atau kurang baik. Ini hanya masalah proses penggalian kebutuhan saja. Proses dimana suatu saat orang akan makin menyadari betapa pentingnya aksesoris yang satu ini. Dan dalam rangka proses itu, kita akan mencoba mengajak anda untuk mengenal handguard lebih jauh.

Mengenal Handguard

Sebagai salah satu aksesoris motor, handguard tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap atau pemanis saja. Ada fungsi lain yang diberikan. Fungsi safety merupakan fungsi lain dari aksesoris motor bernama handguard. Justru sisi inilah yang penting  yang harus disadari oleh pengendara kendaraan bermotor.

Bila sebelumnya bicara tentang handguard secara global, sekarang kita akan bicara tentang manfaatnya secara lebih mendetail. Setidaknya ada 4 manfaat yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan penggunaan aksesoris yang satu ini. Apa saja manfaatnya, ini dia ulasan singkatnya :

  • Melindungi tangan

Ini manfaat paling penting dari penggunaan handguard. Pernahkah anda mengalami  kecelakaan dan tangan anda terluka? Kalo pernah, anda pasti sangat setuju kalau itu sangat menyakitkan dan membahayakan keberlangsungan dari tangan anda. Salah satu alasan kenapa tangan anda terluka adalah tangan anda berbenturan langsung dengan tanah, batu, aspal atau tembok saat terjadi kecelakaan. Harus disadari  ketika anda naik motor, sisi paling luar dari motor anda adalah stang. Inilah bagian yang paling pertama bersinggungan dengan apapun. Tanpa perlindungan, maka anda harus siap – siap merelakan tangan anda cedera bila terjadi sesuatu. Nah dengan alat ini, ketika terjadi sesuatu, inilah yang menghalangi tangan anda kontak langsung dengan apapun

  • Mengurangi resiko kerusakan bagian tuas rem dan kopling

Seperti yang disebutkan sebelumnya handguard melindungi bagian paling luar dari motor anda. Bengkok atau patah tuas rem dan kopling adalah resiko yang paling mungkin terjadi bila terjadi kecelakaan atau benturan. Walaupun memang  kalau tuas rem atau kopling bisa dibeli dengan gampang. Tapi tetap saja sayang jika anda harus sering mengganti tuas rem dan kopling anda.

  • Melindungi tangan dari cuaca

Panas terik atau dingin akibat hujan deras atau angina bisa terlindungi dengan menggunakan aksesoris yang satu. Hal ini terjadi karena adanya handguard yang berbentuk cover. Jadi bisa jadi pelindung yang baik.

  • Tempat lampu tambahan

Handguard untuk tipe tertentu memang memberikan fitur tambahan berupa lampu. Tentu saja ini sangat berguna untuk tambahan penerangan.

Nah, sekarang kita yakin anda mulai sadar betapa bergunanya aksesoris yang satu ini. Mulailah gunakan aksesoris motor yang satu ini ya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *