Mengenal  Bagian – bagian Aki Motor

Mengenal  Bagian – bagian Aki Motor  

Menyimpan energi  listrik dalam bentuk energi kimia fungsinya. Energi lisrik yang tersimpan tersebut menjadi sumber energi untuk sistem stater, lampu – lampu, sistem pengapian dan komponen kelistrikan lainnya. Itulah aki motor.  Jika melihat hal tersebut maka mem ang  komponen yang satu ini sangatlah penting. Jika tidak berfungsi atau kurang berfungsi akan berpengaruh pada bagian lainnya. Sekarang pertanyaanya adalah dari mana energi itu berasal dan bagaimana bisa terbentuk energy ? Energi itu berasal dan terbentuk dari  aki terbentuk dari komponen – komponen  atau bagian pembentuknya. Bagiannya apa saja ? Untuk itu, mari mengenal bagian – bagian aki motor.

Mengenal  Bagian – bagian Aki Motor  

Kotak aki motor

Kotak aki biasanya terbut dari bahan yang transparan. Ini ada tujuannya, yaitu utnuk mempermudah pemeriksaan elektrolit. Kotak ini berfungsi sebagai penampung dan pelindung semua komponen atau bagian aki.

Tutup aki

Bagian ini berfungsi sebagai penutup bagian atas dari aki, tempat dudukan terminal aki.

Separator / penyekat

Fungsi dari bagian aki motor ini adalah mencegah terjadi hubungan singkat antar plat. Separator ditempatkan di antara plat positif dan plat negatif. Desain dari separator ini ada pori – porinya yang memungkinkan elektrolit melewatinya.

Plat aki

Plat terdiri dari 2 jenis yaitu plat positif dan plat negatif. Semakin besar atau banyak platnya semakin besar pula arusnya.

Baca Juga  : Awas Spare Parts Palsu !

Sel

Jumlah sel  dalam aki motor menetukan besarnya tegangan yang dihasilkan. Satu buah sel biasanya menghasilkan tegangan sebesar 2,1 volt

Penghubung sel

Bagian aki motor ini berbentuk plat logam yang dihubungkan dengan plat – plat aki. Plat penghubugn pada tiap sel tersebut terdiri dari plat positif dan plat negatif.

Terminal aki

Bagian aki ini terletak dibagian atas dari aki. Terminal terdiri dari 2 buah yaitu terminal positif dan terminal negatif.

Pemisah sel

Bagian dari aki ini berfungsi sebagai pemisah tiap sel yang ada.

 

Tutup ventilasi

Tutup ventilasi didesain dengan lubang ventilasi yang berfungsi untuk membuang gas hidrogen dihasilkan akibat proses pengisian.  Tutup ventilasi sendiri berfungsi untuk menutup lobang yang digunakan untuk memeriksa dan menambah air aki.

Larutan eletrolit

Ibarat motor ini adalah bahan bakarnya. Larutan eletrolit sendiri adalah cairan aki yang merupakan campuran antara air (H2O) dan asam sulfat (H2SO4). Bagaimana larutan ini bekerja? Ini merupakan ilmu kimia dimana campuran asam sulfat dan air akan bereaksi pada bahan aktif pada plat aki, hasil reaksinya berupa enenrgi listrik. Aki yang terisi penuh akan berisi kandungan 64% air dan 34% asam sulfat.

Nah, itulah sekilas gambaran bagian – bagian dari aki motor berikut fungsinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *