Mengenal 4 Cara Memilih Oli Mesin Mobil dengan Tepat dan Benar

Mengenal 4 Cara Memilih Oli Mesin Mobil dengan Tepat dan Benar

Dalam memilih Oli Mesin mobil harus disesuaikan dengan kebutuhan, karena dapat mempengaruhi usia mesin anda. Setiap mobil memiliki spesifikasi berbeda-beda, hal ini tentu membutuhkan cara perawatan yang tidak sama. Dampak yang dapat ditimbulkan apabila kita salah dalam memilih kebutuhan mesin memamg akan timbul dalam jangka panjang. Tapi, alangkah baiknya kita mencegah terjadinya kerusakan terhadap mesin mobil dalam perawatan dan antisipasi. Selain itu, dalam pergantian oli harus ditekannkan dalam jangka waktu yang teratur dan tepat waktu. Bagi kebanyakan orang, fungsi dari oli hanya digunakan sebagai pelumas mesin. Padahal oli masih memiliki fungsi lain seperti anti karat, pendingin, anti karat, dan juga sebagai penutup celah pada dinding mesin. Dengan adanya oli dapat meredam gesekan antar komponen yang terdapat di bawah kap mesin menjadi lebih halus dan tidak menimbulkan kerusakan satu sama lain. oleh karena itu, berikut ulasan dalam memlih oli mesin dengan bijak dan tepat, antaranya:

Mengenal 4 Cara Memilih Oli Mesin Mobil dengan Tepat dan Benar

  1. Pilih sesuai dengan mesin mobil, banyak sekali orang yang beum tetap dalam memutuskan memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Padahal, hal ini adalah salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga kondisi mobil. Parameter SAE (Society of automotive engineers) adalah satu alat yang dapat ditentukan oleh 5W-50, 15W-40. Dan sebagainya. Dalam membaca kode spesifikasi, harus teliti dalam melihat kodenya. Karena kode itu menentukan jenis oli yang sesusai dengan jenis mesin mobil anda.
  2. Pilih yang memiliki sertifikasi, dalam menentukan sesuatu pasti kita akan dituntut untuk memilih sesuatu yang telah bersetifikasi. Agar oli yang kita pilih terjamin akan kualitas dan standarnya. Beberapa badan yang mengeluarkan sertifikasi antara lain, API, ACEA, JASO. Agar dalam memilih tidak perlu kahwatir dan bingung
  3. Perhatikan Buku paduan Mobil, salah satu hal yang mudah dalam menentukan jenis oli  apa yang cocok dipakai untuk oli mesin anda adalah melihat buku panduan dari mobil. Di dalam buku panduan biasanya dijelaskan pelumas apa yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Jangan terpaku dengan satu merek, utamakn sesuai dengan spesifikasi mesin.
  4. Pilih Bahan Mineral atau sintetis, dalam membedakan kebutuhan oli mesin anda, akan dibagikan menjadi dua bagian yaitu oli mineral dan oli sintetis. Oli mineral sendiri adalah oli yang terbuat dari  bahan dasar mineral (dari ekstrak minyak bumi) yang memiliki molekul alami dan sangat baik untuk merawat kondisi mesin. Sedangkan, oli sintetis adalah oli yang dibuat oleh bahan kimia yang memiliki sifat aditif. Keunggulan dari oli sintetis adalah mengatasi perubahan suhu. Hal ini sangat baik karena dapat melumasi mesin dengan sempurna dalam kondisi apapun tanpa perlu khawatir.

Nah, diatas merupakan pembahas berkaitan dengan 4 cara memilih oli mesin sesuai dengan tepat dan benar. semoga dapat bermanfaat dan membantu anda yang sedang kebingungan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *